Alhamdulillah, Mahasiswi Indonesia Raih Juara Satu Tahfiz Quran di Mesir

Mahasiswi asal Indonesia di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, Yelly Putriyani dari Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih juara satu lomba menghafal Al-Quran atau tahfiz Quran di Mesir, setelah mengalahkan 70  peserta dari berbagai negara, seperti Thailand, Mesir, Nigeria, dan lainnya.

“Alhamdulillah, saya mendapat juara pertama untuk lomba tahfiz Quran kategori 7,5 juz,” ujar Yelly, dilansir dari Antara.

Yelly Putriyani berasal dari Balaigurah, Kecamatan Ampekangkek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat itu menjadi juara pertama kategori perempuan pada lomba tahfiz Quran yang dilaksanakan pada 28 April 2022. Lomba Tahfiz Quran tersebut termasuk ke dalam kategori seperempat Al-Quran atau 7,5 juz.

Baca juga  Jakarta Memiliki Al Quran Raksasa Bermotif Betawi

Perempuan kelahiran 17 Maret 2003 itu merasa senang, lantaran telah berhasil memberikan yang terbaik bagi kampung halamannya dan negara.

“Saya baru kuliah di Universitas Al-Azhar. Alhamdulillah bisa menjadi juara pertama lomba tahfiz Quran. Ini adalah prestasi pertama yang saya lakukan. Insya Allah, saya akan berbuat yang terbaik bagi kampung dan negara saya,” ujar alumnus Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi tersebut.

Menurut putri dari pasangan Yani dan Yulianah itu, lomba yang dilaksanakan oleh Rumah Quran Masjid Shalih Ja’fari, Kairo, Mesir diselenggarakan pada setiap tahunnya.

Yelly mengatakan, persaingan sangat berat, lantaran pesertanya berasal dari berbagai negara, termasuk dari tuan rumah, Mesir.

Baca juga  Benarkah Indonesia sebagai Wilayah yang Dimaksud dalam Surah Ar-Rahman?

“Awalnya deg-degan juga. Tapi dengan mengucap Bismillah, saya beranikan diri untuk ikut,” ungkap penerima beasiswa dari Baznas pusat itu.

Keberhasilan Yelly yang berhasil menjadi juara pertama, maka mendapatkan hadiah berupa mushaf tahajjud ukuran besar, piagam penghargaan, serta tabungan senilai 500 pound Mesir.

Hadiah tersebut diserahkan oleh Syekh Muhammad As-Shubhi, Pembina Rumah Quran Masjid An-Nur As-Subhi dan juga seorang syekh yang termasuk pakar di bidang Al-Quran.

Saat ini, Yelly tengah menempuh kuliah di Universitas Al-Azhar dengan jurusan Fakultas Dirasat Islamiyah, Jurusan Lughoh ‘Arabiyah atau Jurusan Sastra Arab.

Translate »