Sosok Ahed Tamimi, Wanita Asal Palestina yang Berani Lawan Tentara Israel

Inspiratif!

59

Sosok Ahed Tamimi pernah viral di media sosial, lantaran pada usia belia, dia sudah berani melawan para tentara Israel. Aksi heroik Ahed Tamimi terlihat dalam sebuah video, saat Tamimi dan sepupunya meminta dua tentara Israel untuk pergi, sebelum akhirnya memukul tentara tersebut.

Dalam sebuah foto pada tahun 2015 lalu, terlihat Tamimi sedang mengigit tangan seorang tentara Israel, agar dapat menghentikan penangkapan saudaranya. Sontak, keberaniaan Ahed Tamimi mengejutkan publik. Lantas, seperti apa sosok Ahed Tamimi? Ketahui informasinya berikut ini. 

Melansir BBC, bagi orang Palestina, Tamimi merupakan simbol perlawanan terhadap penduduk Israel. Namun, di sisi lain, Israel menganggapnya sebagai pembuat onar yang hanya sekadar mencari popularitas.

Image : from.river.to.the.sea (Instagram)

Kini, Ahed Tamimi telah berusia 21 tahun. Ia dikenal sebagai seorang aktivis perempuan asal Nabi Saleh, Palestina. Gadis berambut keriting berwarna pirang itu merupakan putri dari pasangan Bassem Tamimi dan Nariman Tamimi. Darah aktivis perempuan kelahiran 31 Januari 2001 itu ternyata berasal dari sang ayah yang sama-sama seorang aktivis untuk membela hak-hak warga Palestina. 

 

Saat itu, Tamimi masih berusia 16 tahun, namun ia sudah berani memukul tentara Israel, karena tidak mau pergi dari wilayahnya. Aksi pemukulan itu direkam langsung oleh sang ibu. Beberapa hari kemudian, tentara Israel datang ke rumah Tamimi untuk menangkapnya. 

Image : giovanipalestinesi.it (Instagram)

Setelah menempuh interograsi panjang, Tamimi dijatuhi hukuman penjara selama delapan bulan sebagai tahanan politik. 

Di balik jeruji besi, Tamimi semangat mempelajari hukum internasional. Tamimi juga mengajak para tahanan wanita Palestina lainnya mengubah penjara menjadi sekolah untuk mempelajari hukum. 

Kegiatan Tamimi selama di sel tahanan telah mengunggah hatinya untuk menjadi seorang pengacara internasional. Selain itu, ia pun akan dilatih menjadi pemain sepak bola internasional.

Aksi heroik Tamimi mendapatkan pujian dari Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, lantaran berani melawan tentara bersenjata Israel di tanah Palestina, bahkan sosok wajahnya muncul di mural dan poster jalanan.