Rentetan Kado Terindah di Hari Kartini Tahun Ini untuk Perempuan Indonesia, Apa Saja?

Selamat Hari Kartini!

26

Raden Ajeng Kartini atau kerap disapa Ibu Kartini dikenal sebagai pelopor pergerakan kemajuan perempuan Indonesia yang berupaya penuh untuk mensejajarkan kesetaraan gender. 

Kita semua tahu, budaya patriarki sangat mengakar kuat sejak zaman kolonial yang menjadikan kaum perempuan selalu dipandang sebelah mata. 

Awal tahun ini, berbagai macam informasi mengejutkan bermunculan ke ranah publik. Ya, kabar itu merupakan torehan pencapaian membanggakan yang telah berhasil diraih oleh sejumlah srikandi Indonesia bahkan hingga menembus ke kancah internasional. 

Tidak kalah mengagetkan publik, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) baru saja menetapkan aturan yang menjamin pemenuhan hak korban kekerasan seksual. 

Untuk memeriahkan Hari Kartini, berikut uraian seputar kado untuk para perempuan di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber. 

 

1. UU TPKS

Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) telah resmi disahkan menjadi Undang-Undang pada Selasa, 12 April 2022. 

Penetapan Undang-Undang itu bahkan harus menempuh perjalanan selama 10 tahun lamanya. UU TPKS terdiri dari 8 Bab dan 93 Pasal mengatur tentang pencegahan, penanganan, pemidanaan kasus kekerasan seksual  dari perspektif korban hingga pemulihan 

Kendati begitu, suasana haru pasca penetapan UU TPKS tidak bisa disebut sebagai perjuangan terakhir, melainkan implementasi UU TPKS mesti diawasi lebih lanjut agar dapat memenuhi rasa keadilan bagi korban. 

2. Tidak kalah menarik, terdapat sosok akademisi wanita inspiratif yang telah menorehkan prestasi hingga ke kancah internasional yaitu, Professor. Dra. Rachmah Ida Mcooms, PhD, yang berhasil meraih penghargaan internasional sebagai 100 Top Scientist Social Sciences versi AD Scientific Index (Alper-Doger Scientific Index) beberapa waktu lalu. 

3. Butet Manurung terpilih sebagai figur boneka Barbie Global Role Model 2022. Pencapaian membanggakan itu diraih oleh Butet Manurung, lantaran telah berkontribusi terhadap dunia pendidikan terutama di daerah pedalaman.

4. Shalika Aurelia merupakan pesepakbola wanita pertama Indonesia yang bergabung dengan klub Eropa, Roma Calcio Femminile (CF). Shalika adalah pemain andalan Timnas Putri Indonesia yang dikenal sebagai bek tangguh di area lapangan hijau.