Masya Allah, Inilah 5 Manfaat Membayar Zakat dalam Islam!

Simak penjelasannya!

50

Umat Muslim diwajibkan untuk menyucikan hartanya melalui zakat dengan membagikan sebagian hartanya kepada orang yang membutuhkan.

Melansir Baznas Kabupaten Bengkalis berikut lima manfaat membayar zakat yang perlu Anda ketahui. 

1. Menyempurnakan iman

Berzakat kepada orang yang tidak mampu merupakan salah satu pilar dalam agama Islam. Setiap muslim pasti berusaha melaksanakan amalan ini dengan tujuan untuk melengkapi kewajiban yang diamanatkan agamanya. 

 

2. Bukti keimanan dan keataatan

Manusia terkadang mencintai harta secara berlebihan, bahkan tidak rela melepaskan apa yang saat ini sedang dia miliki. Di sisi lain, zakat mendorong seseorang untuk tidak pelit dan rajin bersedekah, sebagai bentuk wujud keimanan kepada Allah SWT. 

 

3. Menenangkan hati

Berzakat yang dilakukan tanpa paksaan dapat melatih seseorang untuk ikhlas dan tulus dalam melakukan berbagai kebaikan. 

Dengan berbagi terhadap sesama akan meningkatkan hormon dopamaine dan oksitoksin. Hormon ini berperan untuk menciptakan perasaan bahagia, sementara hormon oksitoksin dapat mengurangi tingkas stres pada tubuh. 

 

4. Tiket ke surga

Umat Muslim pasti percaya akan adanya surga dan berusaha untuk memasuki surga di akhir kehidupannya. Untuk itu, dengan berzakat maka akan memudahkan perjalanan seseorang ke surga kelak.  

Hal itu diterangkan dalam hadis riwayat At-Tirmidzi, “Surga adalah untuk mereka yang bertutur halus, menyebarkan salam Islam, memberi makan orang-orang dan bermalam dengan memanjatkan doa secara sukarela ketika orang-orang terlelap.” 

 

5. Pelindung di hari akhir

Pada saat hari kiamat, Islam menerangkan bahwa seluruh umat manusia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar. 

Berdasarkan pada hadis riwayat Al-Bukhari, tentang salah satu dari tujuh jenis orang yang akan berada di bawah teduh Allah SWT pada saat hari kebangkitan salah satunya adalah: “Orang-orang yang beramal dan menyembunyikannya sedemikian rupa sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diberikan oleh tangan kanannya.” 

Hadis tersebut menunjukkan tentang keutamaan bersedekah secara sembunyi-sembunyi yang akan mendapatkan perlindungan dari suatu kondisi panas yang tidak tertahankan.