Hebat, Siswi MAN 4 Jakarta Ini Diterima 6 Universitas Luar Negeri Sekaligus!

Wah, membanggakan!

37

Siswa MAN Insan Cendekia Serpong, Fawwaz Farhan Farabi, baru saja mengejutkan publik atas prestasi menajubkan, lantaran ia diterima kuliah di wilayah Asia, Eropa, dan Australia.

Mengikuti jejak kesuksesan Fawwaz, siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta, Kamila Aisya Farisaputri, juga diterima enam universitas di luar negeri.

“Saya tahu program Cambridge di MAN 4 dari teman saya saat di SMP. Awalnya saya dan keluarga memang mencari yang berkurikulum Cambridge. Karena waktu di SMP, saya juga ikut kelas Cambridge. Jadi di tingkat Aliyah, saya ingin melanjutkan program Cambridge ini,” ujar Kamila, peserta program Cambridge yang dikembangkan MAN 4 Jakarta.

Kamila mengungkapkan, bahwa dirinya sudah dari sejak kelas 12 mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Ia pun mengumpulkan sejumlah berkas seperti Raport, Kartu Keluarga, Akte Lahir, Paspor, dan sudah mengikuti ujian IELTS dengan raihan skor 7,5.

“Berawal dari awal kelas 12, sekitar bulan Agustus saya mulai planning dan tetapkan jurusan dan universitas yang saya mau apply. Karena buka pendaftaran kuliah luar negeri rata-rata lebih cepat dari Indonesia. Jadi mau tidak mau, saya harus bisa jalan sendiri. Alhamdulillah MAN 4 Jakarta mempermudah dalam perihal dokumen atau berkas, dan orang tua juga sangat membantu dalam menemani saya mengajukan pendaftaran,” sambungnya.

Image : kemenag.go.id

Atas hasil kerja kerasnya, Kamila berkesempatan melanjutkan studi di enam universitas luar negeri sekaligus, yaitu:

  1. Media Studies Program di University of Groningen, Belanda.
  2. Information and Media Program di Western University, Canada.
  3. Global Business and Digital Arts di University of Waterloo, Canada.
  4. Media and Production Design University of Carleton, Canada.
  5. International Bachelor of Communication and Media, Erasmus University of Rotterdam, Belanda
  6. Toronto University, Canada.

Namun, Kamila belum memutuskan akan berkuliah di universitas mana, lantaran masih menunggu pengumuman penerimaan mahasiswa baru dari universitas impiannya.