Bagaimana Cara Tepat Peringati Nuzulul Qur’an Sesuai Ajaran Rasulullah?

Menurut penuturan dari sahabat Huzaifah radhiallahu ‘anhu tentang pengalaman beliau salat tarawih dengan Rasululllah SAW.

“Pada suatu malam di bulan Ramadhan, aku shalat bersama Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam di dalam bilik yang terbuat dari pelepah kurma. Beliau memulai shalatnya dengan membaca takbir, selanjutnya beliau membaca doa: 

الله أكبر ذُو الجَبَرُوت وَالْمَلَكُوتِ ، وَذُو الكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ

Selanjutnya beliau mulai membaca surat Al-Baqarah, saya pun mengira bahwa beliau akan berhenti pada ayat ke-100, ternyata beliau terus membaca. Saya pun kembali mengira: beliau akan berhenti pada ayat ke-200, ternyata beliau terus membaca hingga akhir Al-Baqarah, dan terus menyambungnya dengan surat Ali-Imran hingga akhir. Kemudian beliau menyambungnya lagi dengan surat An-Nisa’ hingga akhir surat. Setiap kali beliau melewati ayat yang mengandung hal-hal yang menakutkan, beliau berhenti sejenak untuk berdoa memohon perlindungan. … Sejak usai dari shalat Isya’ pada awal malam hingga akhir malam, di saat Bilal memberi tahu beliau bahwa waktu shalat subuh telah tiba beliau hanya empat rakaat.” (Riwayat Ahmad dan Al-Hakim). 

Baca juga  Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam

Riwayat di atas menerangkan dengan jelas tentang cara Rasulullah SAW memperingati turunnya Al-Qur’an pada bulan Ramadan dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an penuh penghayatan terhadap makna di dalamnya. Rasulullah SAW juga membaca Al-Qur’an pada salat beliau, bahkan beliau membaca surat Al-Baqarah, Ali-Imran, dan An-Nisa’, atau sebanyak 5 juz lebih. 

Baca juga  Dalil dan Hukum Memakai Susuk dalam Islam

Begitu pula, dengan Imam As-Syafi’i yang mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an pada setiap bulan Ramadan sebanyak 60 kali. 

Dengan begitu, Rasulullah SAW beserta Imam Asy-Syafi’i tidak mengadakan pesta makan-makan, apalagi pentas seni, bernyanyi, sandiwara, atau melakukan tarian untuk memperingati peristiwa turunnya Al-Qur’an.

Semoga kita bisa mengambil hikmah untuk mempertebal keimanan dengan membaca dan mentadaburi Al-Qur’an sebagai bentuk memperingati turunnya Al-Qur’an. (SA)

Translate »