3 Tips Perawatan Kulit saat Musim Panas, Hindari Gunakan Makeup Tebal!

Apa saja, tuh?

64

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim kemarau 2022 terjadi pada bulan April hingga Juni 2022. Suhu udara di sejumlah wilayah pun kian terasa mulai sangat panas. 

Tak ayal, faktor kesehatan kulit menjadi ancaman serius saat musim panas melanda. Sinar matahari rawan dapat menimbulkan noda hitam, menjadikan kulit lebih kusam, kerutan, dan mudah berminyak. 

Selain memakai produk sunscreen, Anda perlu mengetahui tiga tips untuk melindungi kesehatan kulit. 

 

1. Mencuci wajah dua kali sehari

Apa pun jenis kulit Anda, sangat direkomendasikan untuk membersihkan wajah dua kali sehari yang efektif dapat menghilangkan penumpukan minyak berlebih. Bila perlu, lakukan double cleansing untuk menghilangkan semua kotoran, riasan, dan polusi, sebab bisa menimbulkan masalah kulit seperti jerawat dan iritasi. 

Serangkaian tips perawatan kulit musim panas yang bisa Anda tiru di rumah dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water, kemudian gunakan pembersih wajah berbusa yang diformulasikan sesuai dengan jenis kulit Anda. Setelah itu, akhiri rutinitas perawatan kulit Anda dengan memakai toner dan pelembap. 

 

2. Hindari menggunakan makeup tebal 

Ketika musim panas datang, sebaiknya hindari menggunakan riasan tebal saat Anda bepergian. Sebab, hal itu akan membuat makeup menjadi cepat luntur. 

Lebih baik, Anda memakai blemish balm  (BB) cream dan color correcting (CC) cream untuk melembapkan, melindungi, dan menjadikan kulit agar tampak halus, sebagai pengganti makeup harian.

 

3. Konsumsi makanan yang banyak mengandung air

Salah satu perawatan kulit dari dalam yang bisa Anda lakukan saat musim panas adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air. Sebab, cuaca panas dapat memengaruhi tubuh lebih cepat terhidrasi. 

Untuk menjaga kesehatan kulit, maka wajib memperhatikan asupan harian Anda dengan minum banyak air putih, rutin mengonsumsi buah dan sayuran dengan kandungan air tinggi seperti semangka, air kelapa, mentimun, dan melon, serta hindari pula makanan yang digoreng.