3 Persiapan Mudik Lebaran agar Perjalanan Lancar dan Aman sampai Tujuan!

Yuk, simak!

20

Setelah dua tahun tidak bisa melaksanakan tradisi tahunan atau mudik, kali ini pemerintah membolehkan mudik dengan berbagai syarat dan ketentuan yang mesti dipatuhi oleh para pemudik.

Untuk itu, terdapat tiga persiapan mudik lebaran yang wajib Anda simak, agar perjalanan lancar dan aman sampai tujuan.

 

  1. Pastikan tubuh dalam keadaan prima

    Image : pixabay

Sebelum menempuh perjalanan jauh, pastikan tubuh dalam keadaan prima. Konsumsi makanan yang bergizi dan menerapkan pola tidur yang cukup merupakan kunci utama agar tubuh selalu dalam kondisi bugar.

Jika sudah mulai merasa lelah, Anda bisa beristirahat sebentar ke rest area terdekat. Terpenting, jangan paksakan diri saat sedang berkendara dalam kondisi lelah atau mengantuk.

 

  1. Cek keseluruhan kondisi kendaraan dan persiapkan tiket

    Image : pixabay

Pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum tanggal keberangkatan mudik. Upaya itu dilakukan guna memastikan perjalanan Anda aman dan lancar sampai tujuan.

Di samping itu, Anda harus memilih rute jalan yang paling mudah diakses dan menggunakan kondisi jalan yang baik. Mudik menggunakan kendaraan pribadi mengharuskan Anda untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraan maupun saldo e-tol sesuai dengan tujuan akhir Anda.

Bagi Anda yang sedang bepergian menggunakan kendaraan umum, maka perlu mempersiapkan tiket, dokumen pendukung, membawa makanan, dan selalu menaati protokol kesehatan di mana pun berada.

 

  1. Tidak membawa barang secara berlebihan
Image : pixabay

Saat hendak bepergian ke kampung halaman, pastikan Anda tidak terlalu membawa banyak barang. Anda harus cermat memilih barang apa saja yang mesti dibawa seperti pakaian, oleh-oleh, dan barang penting lainnya.

Selain itu, membawa berbagai macam aksesoris smartphone seperti charger, power bank, headset, dan alat pendukung smartphone lainnya.

Tidak kalah penting, siapkan uang tunai di dompet. Hal itu untuk mengantisipasi beberapa tempat yang tidak melayani pembayaran secara digital.

Terakhir, bawalah obat-obatan saat mudik lebaran, terutama seperti obat masuk angin, obat mag, dan plester penutup luka.