Gigi Hadid, Angelina Jolie, dan Oprah Winfrey Suarakan Dukungan untuk Ukraina

Ada yang mendapatkan kecaman

58

Simpati dan dukungan terus mengalir teruntuk para korban perang di Ukraina. Gigi Hadid menyumbangkan penghasilannya dari fashion show untuk membantu warga Ukraina. Ibu dari Khai ini juga lantang menyuarakan tentang kedamaian.

“Memiliki jadwal fashion show selama satu bulan membuat saya dan kolega saya sering menghadirkan koleksi mode baru selama masa-masa memilukan dan traumatis dalam sejarah. Kami tidak memiliki kendali atas jadwal pekerjaan, tetapi kami mau berjalan untuk sesuatu,” tulis Gigi Hadid di akun Instagram pribadinya.

“Mengikuti langkah yang telah diambil teman (dan rekan model) @micaarganaraz, saya akan mendonasikan pendapatan saya dari peragaan musim gugur 2022 untuk mereka yang terdampak perang Ukraina, sembari terus memberi dukungan bagi mereka yang mengalami hal serupa di Palestina,” sambungnya.

Tak lupa, Gigi Hadid menyisipkan pesan perdamaian yang mengupayakan kesetaraan hak.

“Mata dan hati kita harus terbuka untuk semua ketidakadilan manusia. Semoga kita semua melihat satu sama lain sebagai saudara dan saudari, di luar politik, di luar ras, di luar agama. Pada akhirnya, nyawa tak berdosa membayar perang – bukan para pemimpin,” pungkas Gigi Hadid.

Sontak saja, aksi kepeduliaan Gigi Hadid mendapatkan apresiasi, namun ia juga memperoleh kecaman atas perkataan yang menyebutkan tentang Palestina mengalami krisis serupa dengan Ukraina.

Selain Gigi Hadid, Oprah Winfrey pun juga ikut buka suara dalam situs Oprah Daily dengan menghormati orang-orang Ukraina di tengah masa kritis seperti sekarang ini.

“Keberanian orang-orang Ukraina telah menyalakan api di dalam diri orang-orang di seluruh dunia, termasuk saya. Bersatu melawan penaklukan Rusia dengan cara apa pun,” tulis Oprah Winfrey.

Aktris sekaligus aktivis kemanusiaan, Angelina Jolie berdoa untuk orang-orang Ukraina dan melindungi hak asasi manusia mereka.

“Fokus saya bersama rekan-rekan UNHCR, segala kemungkinan dilakukan untuk memastikan perlindungan dan hak asasi manusia mereka yang terlantar dan pengungsi di wilayah tersebut,” tulis Angelina Jolie di akun Instagram miliknya.