Gekrafs Sukses Bawakan 10 Brands dan Desainer Lokal Tampil di Gekrafs Paris Fashion Show

#EmpowerIndonesia

94

Ekonomi kreatif memegang peranan penting terutama untuk menjalankan program pemerintah yaitu, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Mengutip laman Kemenkeu, pengadaan program ini bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam rangka menjalankan usahanya selama masa pandemi.

Sejalan dengan semangat pemerintah, Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) mendukung penuh program pemerintah bersamaan dengan memberdayakan para pelaku ekonomi kreatif. Gekrafs berkomitmen penuh untuk mengembangkan sekaligus memajukan ekosistem ekonomi kreatif di tanah air.

Gekrafs merangkul para desainer sekaligus brand lokal untuk melenggang di pergelaran acara Gekrafs Paris Fashion Show. Momen penting itu sukses digelar di The Westin Paris Vendome, pada Minggu, 6 Maret 2022 pukul 18.00 waktu Paris atau 00.00 WIB. Perhelatan Gekrafs Paris Fashion Show diikuti oleh sepuluh brands dan desainer ternama Indonesia.

Lagu Indonesia Raya resmi berkumandang di pusat kota mode dunia dalam acara Gekrafs Paris Fashion Show menjadi sebuah torehan sejarah penting terutama bagi para pelaku ekonomi kreatif Indonesia.

“Mendengarkan bait perbait lagu kebanggaan milik Indonesia tapi tidak di Indonesia, melainkan di pusat denyut nadi fashion dunia, Paris.” ujar Kawendra, seperti dikutip dari akun Instagram Gekrafs, Senin (7/3/2022).

Setelah sukses menggelar Gekrafs Paris Fashion Show, Gekrafs pun tengah memperkenalkan berbagai produk kreatif lokal yang digelar selama 10 hari (6-16 Maret 2022) di  Rue De Turrene Paris.

Penyelenggaraan acara ini mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina Gekrafs, Sandiaga Uno.

Ia menuturkan bahwa fashion menyumbang 29 persen lapangan kerja dari sektor ekonomi kreatif dan dari cakupan ekspor, dunia fashion pun menempati urutan pertama.

“Menurut saya itu suatu kesempatan yang sangat luar biasa, untuk itu kita mengangkat produk-produk ekonomi kreatif,” ungkap Sandi dalam acara konferensi pers yang digelar secara hibrida, Jumat (18/2/2022).