Dear Bunda, 5 Penyakit di Musim Hujan Ini jadi Ancaman bagi Kesehatan Anak!

Sering kali, anak senang bermain di kala hujan sedang turun. Namun, orang tua patut waspada terhadap lima penyakit yang dapat menyerang kesehatan anak. Ketahui informasinya berikut ini. 

  1. Demam Berdarah

Infeksi virus dengue merupakan salah satu penyakit umum yang menyerang anak-anak saat musim hujan melanda. Demam berdarah bisa muncul akibat genangan air yang digunakan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk. Gejala demam berdarah meliputi demam tinggi, ruam, hingga nyeri otot dan sendi. Untuk itu, penting menerapkan 3 M guna menghindari gigitan nyamuk. 

 

2. Leptospirosis

Penyakit leptospirosis disebabkan adanya penularan melalui kontak kulit atau selaput lendir dengan tanah, lumpur, maupun air yang terkontaminasi dengan urin hewan pengerat yang terinfeksi bakteri Leptospira. Orang tua pun harus waspada memastikan luka kecil di kaki anak, agar tidak masuk ke air yang terkontaminasi. Melansir alodokter.com, beberapa gejala leptospirosis antara lain, demam tinggi, sakit kepala, pendarahan, nyeri otot, mengigil, mata merah, dan muntah. 

Baca juga  Bagaimana Cara Mendidik Anak yang Takut Hantu

 

3. Infeksi saluran cerna

Anak paling rentan terkena infeksi pada saluran pencernaan, apalagi karena kebersihan lingkungan dan makanan yang tidak terjaga, serta akibat mengonsumsi air secara sembarangan. Guna menghindari infeksi dari makanan dan air yang terkontaminasi, maka penting bagi orang tua untuk memberikan makanan dan minuman yang bersih dan matang kepada anak. 

Baca juga  Suka Duka Perjuangan Ria Ricis saat Hamil, Lebih Sensitif dan Sering Menangis

 

4. Influenza

Selain faktor cuaca, lingkungan yang tidak bersih juga dapat menyebabkan anak mudah mengalami terserang flu. Terlebih, gejala influenza mirip dengan gejala COVID-19. Untuk memastikan lebih lanjut, maka perlu melakukan tes COVID-19. 

 

5. Infeksi jamur

Sebab terkena air hujan terus menerus, akan menyebabkan kulit menjadi lebih mudah lembap dan basah, sehingga berpotensi dapat mengakibatkan infeksi jamur yang cukup tinggi. Anda harus rajin mengingatkan anak-anak, agar segera mengeringkan diri setelah pulang. Hal ini untuk menghentikan jamur yang berkembang biak pada saat kulit lembap dan tidak terkena udara. 

Translate »