6 Makanan Khas Ukraina Ini Menggiurkan, Ada Roti Paska hingga Jelly Kaki Babi!

Saat ini, Ukraina tengah menjadi sorotan dunia. Negara di kawasan timur Eropa itu tengah diserang oleh Rusia. Di sisi lain, Ukraina ternyata menyimpan berbagai jenis kuliner yang menggiurkan. Cari tahu informasinya berikut di bawah ini!

  1. Paska

    Image : https://www.instagram.com/evdekendinpisir/

Roti paska kerap dimasak tepat sebelum Paskah. Paska biasa dihidangkan bersama garam yang disajikan untuk para tamu. Paskah dijual di pasar-pasar seluruh negeri. Menurut kepercayaan warga setempat, saat membuat adonan roti paska, maka sebaiknya, ia membisikkan hal-hal positif, agar hasil rotinya lezat.

 

  1. Holodets

    Image : https://www.instagram.com/mamasbakeryistanbul/

Makanan satu ini mirip dengan jelly atau pudding. Namun, isian holodets terbuat dari olahan kaki, tulang, hingga kulit babi. Adapun proses memasaknya dengan membersihkan dan merebus kaki babi dengan durasi waktu 6-7 jam lamanya, sampai empuk. Setelah itu, dicampur kuah kaldu dan dibuat serupa jelly.

 

  1. Varenyky

    Image : https://www.instagram.com/annavoloshynacooks/

Varenyky sekilas mirip pastel, tetapi berisi keju cottage, mashed potato, atau sauerkraut. Selain itu, terdapat isian unik lainnya seperti zaitun, labu, dan stroberi. Varenyky bisa dibeli di supermarket Ukraina. Proses memasaknya hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

 

  1. Borscht

    Image : https://www.instagram.com/lamaracoffeeandkitchen/

Borscht atau sup bit hangat ini dimasak bersama sour cream atau yogurt klasik, sehingga menghasilkan warna merah cantik. Borscht biasa disajikan ketika libur atau hari biasa. Makanan khas Ukraina ini kerap disuguhkan dengan donat bawang putih.

 

  1. Deruni

    Image : https://www.instagram.com/inlove_travel_cuisine/

Deruni merupakan pancake khas Ukraina yang terbuat dari kentang dan populer di bagian utara Ukraina. Deruni disajikan dengan sour cream, bawang goreng, dan jamur. Pancake kentang ini nikmat disantap saat sarapan atau makan malam. Deruni juga biasa dikonsumsi pada hari Minggu bersama keluarga.

 

  1. Chicken Kyiv

    Image : https://www.instagram.com/foody_on_ig/

Ukraina dikenal memiliki hidangan lezat lainnya yaitu, Chicken kyiv. Makanan populer ini berupa ayam berlapis tepung roti dengan isian mentega lumer. Tidak sulit menemukan chicken kyiv, Anda dapat menemukannya di berbagai tempat.

 

Baca juga  Ini Dia Perbedaan Shawarma dan Kebab
Translate »