4 Tips Diet Selama Bulan Puasa, Tampil Langsing saat Lebaran!

Bulan puasa kerap dijadikan sebagai momentum tepat untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Simak empat tips berikut ini, supaya diet Anda berhasil!

 

1. Jangan lewatkan makan sahur

Menjalankan sahur selain bernilai ibadah, juga bisa sebagai waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. 

Kendati merasa berat bangun dari tidur untuk melaksanakan sahur, jangan sampai Anda melewatkan makan sahur, sebab akan membuat tubuh tidak bertenaga saat sedang berpuasa.

Anda bisa memilih menu yang mengandung karbohidrat kompleks berupa nasi merah dan gandum utuh. Konsumsi pula protein sehat dari telur dan susu rendah lemak untuk menjaga kestabilan gula darah, agar tidak mudah merasa lapar. 

Baca juga  Laneige Beauty In Ramadhan

 

2. Tetap rutin berohlaraga

Kencangkan niat untuk mendapatkan berat badan ideal dengan tidak bermalas-malasan sepanjang hari saat sedang berpuasa. Penting bagi Anda untuk tidak terlalu lama berada di paparan sinar matahari, sebab dapat menimbulkan dehidrasi. 

Sepanjang bulan puasa, usahakan tetap rutin berolahraga minimal dua kali seminggu masing-masing 30 menit per sesi. 

 

3. Hindari makanan atau minuman manis 

Pada saat bulan puasa, Anda tetap perlu minum delapan gelas air putih atau setara dengan dua liter per hari. Anda bisa minum dua gelas air putih untuk membatalkan puasa, empat gelas setelah salat magrib atau selesai makan, dan dua gelas saat sahur. 

Baca juga  J99 Foundation Buat Aplikasi Ruang Ngaji, Bisa Dengar Suara Ngaji Taqy Malik!

Selain mencegah timbulnya dehidrasi, juga untuk mengontrol seseorang agar tidak tergiur mengonsumsi makanan manis dengan berlebihan. Hindari mengonsumsi kafein seperti teh, kopi, soda, cokelat, sebab akan membuat Anda sering buang air kecil. 

 

4. Konsumsi makanan bergizi

Selepas azan magrib berkumandang, Anda tidak disarankan untuk langsung mengosumsi makanan tinggi karbohidrat. Ambillah beberapa kurma atau memilih makan sup, salad, dan gado-gado.

Tidak kalah penting, sebisa mungkin hindari porsi makan terlalu berlebihan dan menu makanan yang digoreng.

Semoga diet Anda selama bulan puasa dapat berhasil, ya!

Translate »