3 Amalan Penting saat Bulan Sya’ban, Berburu Pahala Jelang Ramadan!

Jangan disia-siakan!

89

Sejak Jumat kemarin, umat muslim di Indonesia sudah memasuki bulan Sya’ban 1443 H. Selangkah lagi menuju Ramadan, bulan kedelapan dalam tahun Qomariyah atau Hijriyah ini juga mempunyai beragam keistimewaan. 

Selain puasa, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan pada bulan Sya’ban seperti, memperbanyak membaca Al-Qur’an dan bersedekah. Berada di antara bulan agung yaitu, Rajab dan Ramadan, bulan Sya’ban justru kerap dianggap sepele oleh banyak orang. 

Untuk itu, agar tidak termasuk golongan orang-orang lalai, berikut keutamaan amalan di bulan Sya’ban. 

 

  1. Puasa sunah
sumber: zonasehatmu.com

“Rasulullah SAW sering berpuasa, sampai kami katakan bahwa, beliau tidak berbuka. Beliau pun sering tidak berpuasa sehingga kami katakan, beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah SAW, berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak dairpada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156). 

Keutamaan puasa sunah di bulan Sya’ban dapat memperoleh syafa’at Rasulullah SAW kelak di hari kiamat nanti. Sementara itu, juga melatih kesiapan tubuh dalam rangka menghadapi puasa Ramadan selama sebulan penuh. 

 

2. Memperbanyak tadarus Al-Qur’an
Image : pexels

Melansir Nu Online, sebagaimana diriwayatkan oleh Hasan bin Sahal, bahwa bulan Sya’ban pernah menanyakan secara langsung kepada Allah SWT mengenai posisinya di urutan kedelapan di antara dua belas bulan, mengapa ia ditempatkan di antara dua bulan agung, yaitu Rajab dan Ramadhan? “Aku menjadikanmu sebagai bulan untuk umat-Ku bertadarus,” jawab Allah SWT.

Kegiatan itu juga dilakukan di beberapa tempat suci seperti di kota Mekkah dan Raudhah untuk memperbanyak melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran, karena terdapat keberkahan khusus yang tengah menanti.

 

3. Memperbanyak sedekah
Image : pexels

Amalan selanjutnya adalah menyedekahkan sebagian harta untuk saudaranya pada bulan Sya’ban. Anjuran itu sebab, untuk membantu kelompok yang memiliki penghasilan rendah guna dapat ikut serta merayakan sukacita pada bulan Ramadan.