Sosok Kartika Siti Aminah yang Cetak Sejarah, jadi Pelatih Wanita Pertama IBL

Sejarah baru terukir pada 30 Januari 2022 lalu, Kartika Siti Aminah ditunjuk sebagai pelatih wanita  pertama pada kompetisi liga bola basket tertinggi di Indonesia, IBL (Indonesia Basketball League).

Penunjukkan Kartika atau yang akrab disapa dengan coach Ika itu sejatinya telah menghapus anggapan tentang bola basket yang selama ini identik dengan dunia laki-laki.

Image : https://www.instagram.com/bimaperkasajgj/

Coach Ika merupakan pelatih klub basket Bima Perkasa asal Yogyakarta. Ia amat menyukai bola basket sejak usia dini. Coach Ika juga pernah bermain di level profesional bersama Rajawali Sakti dan bermain di Kobanita (Kompetisi Bola Basket Wanita).

Perjalanan karier sosok wanita berhijab ini bermula, ketika ia menangani tim bola basket SMA di Surabaya. Setelah itu, ia diamanatkan menjadi seorang pelatih di berbagai tempat seperti, tim basket Universitas Gajah Mada (UGM), tim PON Yogyakarta, Surabaya Fever, dan terakhir bergabung bersama Bima Perkasa.

Baca juga  Irna Mutiara, Designer Dibalik Gaun Indah, Pengajian Perkawinan Ria Ricis
Image : https://www.instagram.com/kartika_sa/

Coach Ika juga pernah membawa tim Surabaya Fever meraih juara di Liga Basket Putri Nasional pada tahun 2012. Kemenangan selanjutnya dicetak pada saat klub Bima Perkasa melawan RANS PIK Basket Ball di pertandingan IBL seri dua, pada 1 Februari 2022 lalu, dengan raihan skor 57 untuk Bima Perkasa.

Tidak kalah menarik perhatian publik adalah pemakaian hijab syar’i yang dikenakan oleh coach Ika. Hal itu menunjukkan bahwa hijab bukanlah penghalang bagi para wanita untuk beraktivitas apalagi berkarya.

Baca juga  Rina Gunawan Meninggal Dunia, Melly Goeslow Kenang Momen Bersama

Melirik laman Instagram coach Ika, ia dikenal pula sebagai pribadi yang religius. Ia sering membagikan postingan tentang keutamaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan memberikan beragam nasihat kehidupan yang bermuatan islami.

“Olaharaga pada hakikatnya adalah untuk menjaga kesehatan, fisik, mental dan jiwa sebagai bentuk syukur kepada Sang Pencipta. Tidak hanya kita kuat secara fisik tapi juga mental dan mindset, ” tulis coach Ika di laman Instagram pribadinya @kartika_sa.

Semoga sosok coach Ika, bisa menginspirasi Anda.

Translate »