MUI Tegaskan Sikap Soal Penganiyaan Umat Islam di India

Buntut dari putusan Pengadilan India yang menetapkan bahwa siswa negara bagian Karnataka Selatan, India, harus berhenti mengenakan hijab di sekolah memicu konflik berkepanjangan.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Prof. Sudarnoto Abdul Hakim, mengatakan bahwa kekerasan, pengusiran, dan penganiayaan terhadap umat Islam di India harus dihentikan.

“Saya berharap, pemerintah RI melakukan langkah-langkah penting meyakinkan pemerintah India melalui Dubes India untuk menghentikan ekstrimisme ini,” kata Prof. Sudarnoto, seperti dikutip dari laman mui.or.id, Senin (14/2).

Sudarnoto merasa ternodai atas tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh pemerintah India terhadap warga minoritas muslim di India.

Baca juga  Taliban Perintahkan Wanita Afghanistan Wajib Pakai Burka di Area Publik

“Dan saya yakin, perasaan yang sama juga dirasakan oleh umat Islam di manapun. Bahkan, bisa jadi komunitas agama lain yang menyadari dan mengerti betul tentang Hak Asasi Manusia (HAM) akan terusik dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah India,” sambungnya.

Dirinya mengatakan, pemerintah India tidak hanya melakukan tindakan diskriminasi, melainkan juga membangun, mengembangkan, serta memperkuat spirit islamophobia.

“Sikap dan tindakan ini sudah dipastikan merusak demokrasi dan perdamaian yang sejak awal justru diajarkan oleh Gandhi, (yaitu) misi penting universal declaration of human rights ,” terangnya.

Menurut Sudarnoto, pemerintah India seharusnya belajar dari Indonesia yang mayoritas dihuni oleh umat Muslim. Namun, sangat menjunjung tinggi toleransi terhadap agama Hindu maupun agama lain, bahkan memberikan tempat ibadah dengan baik bagi minoritas.

Baca juga  Gus Sholeh Tutup Usia

“India harus membuka mata dan hati bahwa orang Hindu tenang di Indonesia,” tegasnya.

Sudarnoto mengingatkan, bahwa agama Islam dan Hindu tidak mengajarkan kekerasan. Ia kembali menegaskan, untuk menghentikan segala bentuk kekerasan, pengusiran, penganiayaan, dan islamophobia terhadap umat Islam di India, karena akan menyulut pertentangan.

“Kepada umat Islam di India saya menyampaikan bahwa kami, umat Islam Indonesia khususnya, bersama Anda semua. Tetaplah bersabar, teguh pendirian dan panjatkan doa mohon pertolongan Allah,” pungkasnya.

Sumber : Situs MUI

Translate »