Inilah, Syarat Lengkap Pasien COVID-19 yang Sudah Dinyatakan Sembuh

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merilis kriteria pasien COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh atau selesai isolasi.

Pada 17 Januari 2022 lalu, Kemenkes mengeluarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK. 02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 varian Omicron yang resmi diteken oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Mengacu pada Surat Edaran tersebut, berikut kriteria pasien COVID-19 varian Omicron yang sudah dinyatakan sembuh atau selesai isolasi.

 

  1. Pasien tidak bergejala (asimptomatik)

Pada kasus konfirmasi COVID-19 yang tidak bergejala (asimptomatik), isolasi dilakukan selama minimal 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi.

 

  1. Pasien dengan gejala

Pada kasus konfirmasi COVID-19 dengan gejala, isolasi dilakukan selama 10 hari sejak muncul gejala, ditambah dengan sekurang-kurangnya 3 hari bebas gejala demam dan gangguan pernapasan. Untuk kasus yang mengalami gejala selama 10 hari atau kurang, harus menjalani isolasi selama 13 hari.

Baca juga  Ketahui Ciri Dan Cara Cegah Penularan Omicron

Jika masih bergejala setelah hari ke-10, maka isolasi mandiri masih tetap dilanjutkan sampai dengan hilangnya gejala tersebut, kemudian ditambah 3 hari.

 

  1. Pasien COVID-19 sudah mengalami perbaikan klinis saat isoman atau isolasi terpusat

Bagi Anda kriteria pasien COVID-19 dinyatakan sembuh atau selesai isolasi bagi pasien yang sudah mengalami perbaikan klinis saat isoman atau isolasi terpusat, adapun ketentuannya sebagai berikut:

  • Dapat dilakukan pemeriksaan NAAT (Nucleic Acid Amplification Test) termasuk pemeriksaan RT-PCR pada hari ke-5 dan ke-6 dengan selang waktu pemeriksaan 24 jam.
  • Jika hasil negatif atau Ct>35 2 kali berturut-turut, maka dapat dinyatakan telah selesai isolasi/sembuh. Biaya pemeriksaan dilakukan secara mandiri.
  • Jika tidak melakukan pemeriksaan NAAT termasuk pemeriksaan RT-PCR pada hari ke-5 dan ke-6 dengan selang waktu 24 jam, maka pasien harus melakukan isolasi atau sembuh seperti pasien COVID-19 bergejala.
Baca juga  5 Ramuan Alami Pembersih Paru-Paru, Mudah dan Sehat!

Ayo, kita lawan virus corona varian Omicron bersama-sama. Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang sedang berjuang melakukan isolasi, ya.

Translate »