Begini Cara Akses Telemedisin Gratis dari Kemenkes!

Kementerian Kesehatan menyediakan layanan telemedisin Isoman (Isolasi Mandiri) bagi pasien yang terkonfirmasi positif melalui tes PCR dan juga berlaku pada pasien dengan hasil pemeriksaan RDT Antigen positif COVID-19.

Sebelumnya, pasien harus melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan atau laboratorium yang sudah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes.

Jika hasilnya positif, fasilitas kesehatan dan laboratorium melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kemenkes. Selanjutnya, pasien akan mendapatkan WA konfirmasi dari Kemenkes secara otomatis. Namun, apabila tidak kunjung mendapatkan WA, pasien bisa mengecek NIK secara manual di https://isoman.kemkes.go.id/

Setelah itu, WA konfirmasi dapat digunakan untuk konsultasi dokter dan menebus paket obat gratis.

Baca juga  Jatuh Sakit Saat Berlibur di Luar Negeri, Harus Bagaimana?

Adapun caranya dengan menekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu masukkan kode voucher supaya bisa berkonsultasi dan mendapatkan obat  gratis.

Layanan telemedisin diperlukan untuk mempermudah pasien isoman mendapatkan layanan kesehatan melalui 17 platform telemedicine yang telah bekerja sama dengan Kemenkes antara lain, Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. Layanan ini hanya dikhususkan kepada mereka yang layak isoman untuk mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

Baca juga  Donald Trump dan Istri Positif Covid-19

Obat gratis yang diperoleh pasien berupa Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet. Paket B disediakan untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200 mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg – 40 tab dan parasetamol tablet 500 mg (jika dibutuhkan).

Selain wilayah Jabodetabek, layanan telemedisin juga merambah ke wilayah Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Manado, dan Makassar.

Translate »