8 Nama Lain Al-Qur’an Ini Punya Makna Mendalam, Sudah Tahu?

Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim. Al-Qur’an merupakan kitab yang diturunkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah SAW.

Namun, tahukah Anda, terdapat nama lain dari Al-Qur’an? Berbeda nama, berlainan pula maknanya, simak ulasannya berikut ini.

  1. Al-Furqan

Dinamakan Al-Furqan, karena Al-Qur’an diturunkan sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil atau pembeda antara yang halal dengan haram.

  1. Al-Burhan

Al-Burhan merupakan bukti kebenaran yang berasal dari Allah bagi para hambanya. Al-Qur’an sebagai bukti paling nyata tentang kebenaran isi, makna, dan kandungan menyangkut tentang permasalahan akidah maupun persoalan hidup.

  1. Al-Hukm
Baca juga  Jakarta Memiliki Al Quran Raksasa Bermotif Betawi

Al-Qur’an merupakan sumber hukum Islam yang pertama. Selain itu, Al-Qur’an adalah sekumpulan hukum atau peraturan yang di dalamnya terdapat segala perintah dan larangan.

  1. Asy-syifa

Al-Qur’an merupakan obat penawar bagi orang-orang beriman. Sebab itu, Al-Qur’an disebut sebagai  As-syifa atau penyembuh. Al-Qur’an selain dapat menyembuhkan penyakit rohani, juga dapat menyembuhkan penyakit jasmani.

  1. Adz-Dzikr

Arti Adz-Dzikr adalah pemberi peringatan. Kitab suci Al-Qur’an diturunkan untuk memberi peringatan kepada manusia sekaligus menuntun langkah manusia agar tidak ke jalan yang tersesat. Al-Qur’an senantiasa memberikan peringatan kepada manusia mengenai tanggung jawab di akhirat nanti.

  1. Al-Mau’izhah

Al-Mau’izhah berarti Al-Qur’an itu diturunkan berisi pelajaran yang penuh hikmah dan terperinci. Maka hukumnya wajib, mempelajari Al-Qur’an dengan penuh kerelaan hati dan kepasrahan diri.

  1. Ar-Ruh
Baca juga  7 Keutamaan Surat Al Waqiah yang Harus Anda Ketahui

Al-Qur’an dinamakan ruh, karena ruh yang mampu menghidupkan jasad, begitu pula Al-Qur’an yang mampu menghidupkan hati dan jiwa manusia.

  1. Al-Huda

Al-Huda berarti petunjuk. Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman bagi umat muslim untuk menjalankan segala perintah, meninggalkan larangan, serta mengikuti seluruh ajaran-Nya. Al-Qur’an diturunkan kepada manusia sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman agar dapat membedakan mana yang benar dan mana yang bathil.

Simpan dan bagikan informasi ini kepada orang terdekat Anda, ya!

Translate »