5 Sikap Istimewa yang Dimiliki oleh Muslimah

Adakah sifat kamu salah satunya?

145

Muslimah kerap identik dengan penampilan yang menyejukkan dan halus budi pekertinya. Dalam rangka memperingati hari hijab sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Februari, adakalanya sebagai momentum tepat untuk mengoreksi diri terhadap perilaku sehari-hari.

Lantas, apa saja kriteria muslimah berakhlakul karimah, ya? Yuk, cari tahu bersama!

  1. Luas pengetahuan agamanya

Pertanda hamba yang taat pada agamanya ialah seorang yang menjalankan segala tuntunan dan menjauhi larangan-Nya sesuai dengan petunjuk Al- Quran maupun hadis. Muslimah yang memiliki pengetahuan agama yang baik akan mudah terlihat dari sikap dan ucapan perkataannya yang meneduhkan.

  1. Memperhatikan etika berbusana yang baik

Ciri berbusana muslimah yang patut dihindari ialah saat memakai pakaian tipis sehingga nampak bagian dalam tubuhnya. Sudah seharusnya, wanita memakai pakaian yang longgar dan tidak ketat supaya tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

Adab berpakaian muslimah diwajibkan hingga menutupi seluruh tubuhnya (termasuk kaki) kecuali wajah dan telapak tangan. Selain itu, pakaian muslimah tidak boleh menyerupai pakaian pria atau pakaian non-muslim.

  1. Betah tinggal di rumah
Image : unsplash.com

Adanya perintah untuk menetap di rumah, bukan berarti melarang seorang muslimah berpergian ke luar, melainkan perintah itu banyak mengandung maslahat di antaranya untuk menjaga diri, harta, hingga kehormatannya.

  1. Mengutamakan rasa malu

Malu adalah sebagian dari iman, sehingga rasa malu merupakan kunci utama untuk masuk surga. Terlebih digariskan bahwa perhiasan muslimah adalah rasa malu. Rasa malu akan membuahkan sikap iffah yaitu memelihara kehormatan diri dari segala bentuk yang akan merendahkan hingga menjatuhkannya.

  1. Patuh kepada orang tua.

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim atau muslimah untuk menghormati kedua orang tua yang telah membesarkannya. Seorang anak dilarang bersikap kasar terhadap ibu dan bapaknya. Bahkan, dilarang mengucapkan kata “ah” seperti yang sering diucapkan kepada kedua orang tua.

Lakukan lima tuntunan di atas sebab murni kecintaan kepada Allah, bukan karena maksud ingin mendapatkan pujian dari orang lain.