Vitamin Yang Baik Untuk Pertumbuhan Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Menjaga rambut agar tetap sehat  bisa dari dalam maupun luar tubuh. Anda bisa mengonsumsi makanan bernutrisi atau menggunakan perawatan rambut untuk membuat tetap sehat dan tumbuh lebat.

Faktanya, banyak kekurangan nutrisi terkait dengan kerontokan rambut. Faktor-faktor seperti usia, genetika dan hormon juga mempengaruhi pertumbuhan rambut, asupan nutrisi yang optimal adalah kuncinya. Melansir dari healthline, berikut ini beberapa vitamin yang baik untuk pertumbuhan rambut.

 

Vitamin A

Foto: freeimages.com

Semua sel membutuhkan vitamin A untuk pertumbuhan, termasuk pertumbuhan rambut. Vitamin A juga membantu kulit kepala tetap lembap dan membuat rambut sehat. Kekurangan dan kelebihan vitamin A dapat menyebabkan  rambut rontok. Untuk mendapatkan vitamin A yang cukup, Anda bisa mengonsumsi  produk hewani seperti susu, telur, dan yogurt. 

Baca juga  Kurang Percaya Diri Bersalaman Karena Telapak Tangan Kasar? Berikut Tipsnya

 

Vitamin B
Salah satu vitamin yang paling dikenal untuk pertumbuhan rambut adalah vitamin B yang disebut biotin. Studi menghubungkan kekurangan biotin dengan kerontokan rambut pada manusia.  Vitamin B lainnya membantu membuat sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut. Proses ini penting untuk pertumbuhan rambut.

Anda bisa mendapatkan vitamin B dari banyak makanan, seperti biji-bijian utuh, kacang almond, daging, ikan, makanan laut
gelap, dan berdaun hijau.

 

Vitamin C
Kerusakan akibat radikal bebas dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan rambut Anda menua. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk membuat kolagen. Vitamin C juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi, mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

Baca juga  Kandungan Skincare untuk Merawat Warna Kulit Tidak Merata

 

Vitamin E
Mirip dengan vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah stres oksidatif. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengalami kerontokan rambut mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 34,5% setelah mengonsumsi suplemen vitamin E selama 8 bulan. Vitamin E bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kuaci, almond, bayam, dan alpukat.

 

Zat besi
Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke sel Anda. Hal ini menjadikan zat besi penting untuk pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang menjadi salah satu penyebab utama kerontokan rambut.

(HV)

Translate »