Vaksinasi Saat Hamil Dapat Memberikan Antibodi Pada Bayi

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang hamil memiliki risiko lebih besar terkena penyakit parah dan komplikasi dari COVID-19 dibandingkan dengan orang yang tidak hamil. Sejak vaksin COVID-19 tersedia pada Desember 2020, para dokter sangat menganjurkan orang hamil untuk diimunisasi terhadap COVID-19 untuk melindungi tidak hanya diri mereka sendiri, tetapi juga bayi mereka yang baru lahir.

Melansir dari healthline, sebuah laporan baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menetapkan lebih lanjut bahwa vaksin COVID-19 aman selama kehamilan.

 

Lalu bagaimana vaksinasi berpotensi melindungi bayi baru lahir?

Baca juga  Penyebab Heartburn Saat Hamil
image: pexels

Bayi yang lahir dari ibu yang divaksinasi dalam 13 minggu setelah melahirkan memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi, dibandingkan dengan bayi baru lahir yang ibunya menerima suntikan lebih dari 20 minggu sebelum melahirkan.

“Kekebalan akan diteruskan ke janin melalui tali pusar,” kata dr Daniel Roshan, seorang obgyn ibu-janin berisiko tinggi yang berbasis di New York City.

 

Manfaat memvaksinasi ibu hamil

Orang hamil menghadapi peningkatan risiko komplikasi dari COVID-19 dibandingkan dengan populasi umum. Karena kehamilan dapat  menurunkan kekebalan, sehingga dianjurkan untuk menerima vaksin pada trimester apa pun.

Baca juga  Kolak Dan Sop Buah, Mana Yang Lebih Baik ?

Penelitian telah menemukan bahwa wanita hamil dengan infeksi virus corona memiliki risiko lebih besar untuk dirawat di rumah sakit, intubasi, preeklamsia, kelahiran prematur, dan kematian ibu. Dalam beberapa pekan terakhir, karena varian Omicron yang sangat menular telah beredar, orang hamil lebih berisiko terkena COVID-19.

Tingkat vaksinasi di antara orang hamil juga relatif rendah. Mengingat  peningkatan risiko penyakit parah dan komplikasi dari COVID-19 pada orang hamil, CDC menyarankan untuk ibu hamil segera melakukan vaksinasi.  Melakukan vaksinasi tidak terkait dengan  komplikasi berbahaya seperti keguguran.

(HV)

Translate »