Pilihan Buah Yang Baik Untuk Bayi

Untuk Scarflover yang memiliki bayi, pasti Anda ingin memenuhi setiap asupan nutrisi ke anak Anda. Namun masalahnya, tidak sembarang makanan bisa diberikan untuk si kecil. Karena kebanyakan bayi belum tumbuh gigi, sehingga mereka masih sulit untuk menelan dan mencerna makanan yang sifatnya keras.

Saat bayi Anda sudah memasuki usia enam bulan, pastinya Anda harus sudah mulai memperkenalkan makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI). Tentunya Anda akan memberikan makanan  yang terdiri atas beragam zat gizi seperti, protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serat, dan lemak.

image: unsplash

Anda bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serta serat bayi sekaligus dengan memberikannya berbagai jenis buah. Ketahui beberapa buah yang baik dikonsumsi bayi enam bulan keatas.

 

Apel

Apel memiliki banyak kandungan gizi seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, dan vitamin C dan mineral lainnya yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram (gr) buah apel terdapat 58 kalori (kal) energi, 14,9 gr karbohidrat, 0,3 gr protein, dan 0,4 gr lemak.

Untuk memberikan si kecil apel, Anda dapat mengolahnya dengan memotong-motong apel menjadi kecil, dikukus, lalu diblender.

 

Pisang

Pisang memiliki tekstur yang lembut dan halus, sehingga membuat bayi lebih mudah untuk mencernanya. Buah pisang juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk anak Anda. Anda bisa mengolah pisang dengan mengeruknya menggunakan sendok, atau Anda bisa menghaluskan pisang dengan cara dihancurkan menggunakan sendok atau blender.

 

Alpukat

Alpukat diketahui memiliki lemak tak jenuh dan vitamin E yang baik untuk bayi. Kita tahu bahwa alpukat memiliki tekstur yang lembut, sehingga bayi dapat mengonsumsi buah hijau ini. Anda bisa mengolah buah ini dengan mengambil daging buahnya dan menghancurkannya menggunakan garpu atau blender.

(HV)