Ketahui Manfaat Bermain Pasir Untuk Anak

Anak-anak memang banyak menghabiskan waktu untuk bermain di luar bersama teman-temannya. Seringkali anak-anak merasa penasaran dan mulai mengeksplor alam di sekitarnya. Dengan cara mengeksplor alam, hal tersebut memberikan berbagai manfaat untuk anak.

Salah satu hal yang dieksplor anak yang juga memiliki manfaat adalah bermain pasir. Tentunya bermain pasir membuat tangan dan baju kotor yang menyebabkan orang tua memarahi anaknya. Namun ternyata hal tersebut dapat bermanfaat untuk perkembangan sang anak.  Berikut berbagai manfaatnya.

 

Melatih kemampuan motorik

image: unsplash

Meningkatkan kreativitas

Saat bermain, tentu anak-anak akan menggunakan imajinasinya untuk membuat sesuatu dengan segala kreativitasnya. Dalam bermain pasir, anak-anak juga kerap menggunakan kreativitasnya seperti membuat istana, hewan, gunung, dan sebagainya. Meski terlihat sepele, ternyata cara ini sangat baik untuk kemampuan anak dalam menyalurkan dan meningkatkan kekreativitasannya.

 

Melatih konsentrasi anak

Baca juga  Muslimah Creative Stream Fest 2022 Bahas Parenting Talks Bersama Tokoh Inspiratif

Terkadang, guru atau orang tua kewalahan menghadapi si kecil yang mudah teralihkan perhatiannya. Ternyata hal ini bisa dilatih saat anak bermain pasir. Anak tentunya memiliki gembaran atas bangunan apa yang akan dibentuk dengan menggunakan pasir.

Dalam setiap langkahnya, mulai dari menyentuh, menambahkan air, sampai menumpuk pasir, secara tak sadar anak telah dibuat fokus untuk mengerjakannya sampai selesai. Bermain pasir punya manfaat melatih anak untuk lebih berkonsentrasi pada tugas yang ada.

Biarkan anak Anda mengeksplor di sekitarnya yuk, Scarflover.

(HV)

Translate »