Hindari Perkataan Yang Tak Pantas Ditujukan Untuk Anak

Seorang anak biasanya membuat Anda sebagai orang tua merasa frustasi atas hal yang mereka lakukan. Beberapa orang tua memarahi anaknya dengan perkataan yang membuat sang anak sakit hati.

Perkataan yang kurang baik itu sangat berpengaruh pada mental sang anak. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus mengendalikan perkataan Anda ketika menasihati anak.

image: unsplash

Berikut adalah beberapa perkataan yang harus dihindari ketika menasihati anak Anda.

 

“Saya berharap kamu tidak pernah lahir di dunia ini“

Perkataan ini adalah hal yang paling harus Anda hindari ketika merasa frustasi dengan tingkah sang anak. Ungkapan ini tidak hanya menyakiti perasaan sang anak, tetapi juga merusak harga diri mereka dan membuat mereka seperti manusia yang paling tidak diinginkan di dunia ini.

Baca juga  Panduan Orang Tua tentang Cara Toilet Training

Sebaiknya, orang tua lebih bisa mengendalikan diri agar perkataan seperti ini tidak terucap dari mulut Anda sebagai orang tua.

 

“Buruan! Atau kamu akan ditinggalkan disini“

Anak-anak memahami konsep yang berbeda dengan orang dewasa. Seorang anak akan merasa takut tersesat atau ditinggalkan disuatu tempat. Oleh karena itu, apabila Anda mengatakan perkataan tersebut, maka akan menambah rasa kekhawatiran sang anak.

Perkataan tersebut berbahaya untuk diucapkan karena akan membuat sang anak menderita kekhawatiran berlebih (Anxiety).

Sebagai orang tua, sebaiknya Anda mencari cara untuk membuat mereka mengurangi melamun dan membuat mereka berrgerak tanpa menambah rasa takut sang anak.

Baca juga  Tips Atasi Anak Rewel Saat Tumbuh Gigi

 

“Mengapa kamu tidak bisa seperti abang/kakak kamu?“

Tidak ada orang yang suka dibandingkan dengan orang lain karena setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. Perkataan ini akan membuat anak Anda merasa pesimis dan tidak bisa bersaing dengan saudaranya.

Anak yang sering mendapatkan perkataan seperti itu akan merasa bahwa ia tidak bisa mencapai sesuatu berharga yang mereka inginkan karena mereka merasa bahwa dirinya tidak pernah sebaik sang kakak.

Daripada membandingkan anak-anak Anda, dukunglah setiap hal yang dilakukan sang anak tanpa membanding-bandingkan dengan orang lain.

(HV)

Translate »