Diet Terbaik Untuk Wanita Diatas 40 Tahun

Wanita yang sudah berumur diatas 40 tahun biasanya memiliki masalah pada berat badan. Oleh karena itu, banyak wanita yang termasuk kedalam klasifikasi tersebut melakukan diet demi mendapatkan berat yang ideal, mengendalikan gejala menopause serta mengoptimalkan kinerja jantung dan otak.

Namun,untuk seseorang yang sudah berumur lebih dari 40 tahun harus berhati-hati dalam menentukan pilihan saat ingin melakukan diet. Tidak semua diet baik untuk kesehatan tubuh bagi seseorang yang sudah “dewasa“.

sumber: toptier.id

Untuk itu, kami akan membantu menjelaskan beberapa diet yang baik bagi wanita yang sudah berumur diatas 40 tahun.

1. The Mediterranean Diet

Diet mediterania ini merupakan pola makan yang paling sehat bagi semua orang, termasuk wanita diatas 40 tahun. Diet ini mengusung makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, seperti sayuran, kacang-kacangan, hingga buah.

Baca juga  4 Strategi Efektif untuk Menurunkan Berat Badan Saat Bersepeda

Diet ini juga memperbolehkan Anda untuk mengonsumsi ikan, susu, telur, ayam, bahkan daging namun dalam kuantitas yang sedang.

Penelitian menyebutkan bahwa diet mediterania ini dapat mengurangi resiko obesitas pada wanita sebelum dan pasca menopause sebanyak 30%.

2. The Flexitarian Diet

Diet flexitarian merupakan diet semi-vegetarian yang didominasi kandungan nabati. Diet ini adalah pilihan populer bagi wanita yang mengurangi asupan daging untuk kesehatan, kesejahteraan hewan, ataupun alasan lingkungan.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa vegetarian dan vegan yang ketat memiliki resiko lebih besar atas kekurangan asupan nutrisi seperti zat besi dan lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan wanita. Oleh karena itu, diet ini juga mengonsumsi produk hewani, tetapi dikonsumsi sesuai kebutuhan.

Baca juga  Selain Jeruk, Ini Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

Diet flexitarian ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk mengatasi masalah berat badan, kesehatan jantung, pencegahan diabetes, dan menjaga kesehatan tulang pasca menopause.

3. The “MIND” Diet

MIND merupakan sebuah singkatan dari “Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay”. Diet ini menggabungkan unsur diet mediterania dan DASH yang dinilai dapat mendukung kesehatan otak.

Diet ini menekankan kepada Anda untuk menghindari makanan yang digoreng, daging mentah, mentega, keju, bahkan permen.

Diet ini dianggap dapat mengurangi resiko demensia yang biasanya dialami oleh wanita yang sudah lanjut usia. Demensia yang paling sering dialami banyak orang adalah Alzheimer. Oleh karena itu, diet ini dianggap dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.

(HV)

 

 

 

Translate »