Cara Atasi Kulit Yang Sedang Stres

Stres dapat menyerang diri dengan keras. Saat Anda stres, banyak sekali yang akan memiliki perubahan, salah satunya kulit. Stres dapat meningkatkan kadar kortisol yang dapat  meningkatkan peradangan pada kulit, seperti  kemerahan,  kulit kering kulit dehidrasi, iritasi dan gatal, sensasi menyengat atau terbakar saat menerapkan produk, peningkatan jerawat, dan kulit kusam.

Jika saat Anda stres dan tetap bersikeras untuk menggunakan produk atau memanipulasi kulit dengan terlalu banyak perawatan, kulit tidak akan punya waktu untuk menyembuhkan dan memperbaiki dirinya sendiri. Memastikan bahwa Anda menggunakan produk yang tepat sangatlah penting. Begitu banyak orang dengan kulit bermasalah cenderung melakukan eksfoliasi berlebihan dan tidak melakukan bagian yang sama dalam merawat dan menghidrasi kulit.

image: unsplash

Melansir dari Vogue, berikut ini beberapa cara atasi kulit yang sedang stres.

Baca juga  Bikin Glowing! Ini Manfaat Mawar Pada Kandungan Skincare

 

Gunakan pelembap atau produk yang menenangkan kulit

Kulit kemerahan, gatal, iritasi, dan jerawat merupakan salah satu tanda kulit Anda sedang stres. Meski stres diarahkan oleh pikiran, namun Anda tetap bisa berusaha untuk menggunakan produk perawatan yang tidak menyebabkan iritasi. Ada baiknya Anda menggunakan pelembap atau produk yang dapat menenangkan kulit, seperti aloe vera, untuk atasi beberapa permasalah kulit tadi. Menggunakan produk yang sedikit namun penting dapat membuat skin barrier Anda lebih kuat.

 

Bersihkan wajah dan hindari eksfoliasi berlebih
Jerawat dan kulit berminyak adalah efek samping paling umum dari stres. Saat Anda merasakan seperti ini, Anda bisa membersihkan wajah menggunakan micellar water dan cuci muka untuk memastikan bahwa wajah Anda benar-benar bersih. Selain itu, ada baiknya Anda tidak melakukan eksfoliasi berlebih. Cukup melakukan eksfoliasi 2-3x dalam seminggu.

Baca juga  Do’s and Don’ts Perawatan Wajah yang Harus Anda Pahami

Eksfoliasi dengan benar dapat membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati yang menumpuk dan juga komedo. Hal ini dapat membuat pori-pori lebih bersih dan wajah yang lebih sehat dan mulus.

 

Ekstra hidrasi untuk masalah kulit kering

Kulit kering dan mengupas juga merupakan penyebab kulit Anda stres. Saat Anda memiliki kulit yang sedang kering dan mengelupas, cobalah untuk menggunakan produk yang memiliki kandungan ekstra hidrasi yang berfungsi untuk melembapkan kulit.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menggunakan produk perawatan yang melembapkan kulit. Peptida, asam hialuronat, ceramide, dan vitamin E, merupakan bahan-bahan yang dapat menghidrasi dan melembapkan kulit Anda. Sehingga membuat kulit Anda lebih kenyal dan sehat.

(HV)

Translate »