Berbagai Macam Tipe Diet Vegetarian

Diet vegetarian kini semakin populer.  Ada banyak alasan orang memilih untuk melakukan pola makan vegetarian, dan beberapa variasi tipe diet vegetarian.

Diet vegetarian  dapat mendukung penurunan berat badan dan dapat membantu menurunkan risiko obesitas dan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. Untuk mengetahui apa saja diet vegetarian, berikut berbagai macam tipe diet tersebut.

 

Diet vegetarian lakto-ovo
Beberapa orang menganggap diet lacto-ovo-vegetarian sebagai diet vegetarian paling tradisional. Dalam tipe diet ini, Anda tidak akan makan daging atau ikan, tetapi tetap memasukkan telur dan produk susu ke dalam makanan Anda.

Awalan “lacto” mengacu pada susu sapi atau produk susu dan berasal dari kata Latin lac, yang berarti susu. Hanya mamalia, seperti sapi dan manusia, yang dapat menghasilkan susu. Awalan “ovo” mengacu pada telur dan berasal dari kata Latin ovum, yang berarti telur.

Baca juga  Greenfields Gandeng Psikolog, Ajak Masyarakat Jalani Hidup Baik

Mengikuti diet lacto-ovo-vegetarian berarti memasukkan telur, susu, keju, mentega, yogurt, krim asam, es krim, dan produk susu lainnya ke dalam diet Anda, sambil mengecualikan semua daging yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, ikan, eqn ayam.

 

Diet fleksibel

image: pexels

Diet flexitarian dirancang agar lebih fleksibel daripada diet vegan atau vegetarian yang ketat. Berbeda dengan diet lacto ovo vegetarian, diet ini lebih banyak memakan makanan nabati dan tidak memakan produk hewani.

Prinsip utama diet flexitarian termasuk makan sebagian besar makanan nabati utuh, mendapatkan sebagian besar protein dari tumbuhan daripada hewan, dan membatasi tambahan gula dan makanan olahan jika memungkinkan.

Baca juga  Lakukan Olahraga Ini untuk Atasi Sembelit

 

Diet pescatarian
Diet pescatarian adalah diet nabati yang mencakup ikan. Seseorang yang menjalani diet pescatarian akan mengonsumsi makanan berbasis ikan, seperti tuna, halibut, salmon, atau sushi, mereka biasanya menghindari daging lain, seperti daging sapi dan ayam. Diet pescatarian menawarkan manfaat mendapatkan asam lemak omega-3 yang sehat dari ikan dan makanan laut.

 

Diet vegan
Diet vegan adalah pola makan yang mengecualikan semua produk hewani. Beberapa orang yang menjalani diet vegan juga memilih untuk mengecualikan madu karena diproduksi oleh lebah.

Pola makan vegan hanya didasarkan pada makanan nabati. Ini termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan, termasuk kacang-kacangan, kacang polong, dan lentil.

(HV)

Translate »