Treatment Alami Untuk Atasi PCOS

PCOS Pada Wanita

161

Sindrom ovarium polikistik atau biasa disebut PCOS  adalah kondisi endokrin paling umum yang dialami banyak wanita. Biasanya  penyakit ini memiliki gejala seperti haid yang tidak teratur, timbul jerawat, rambut rontok, dan penambahan berat badan.

Penyakit ini bisa diringangkan gejalanya dengan mengubah gaya hidup. Tentunya apabila gejala-gejala diatas bermunculan, Anda bisa berbicara dengan dokter untuk mendapatkan pertolongan pertama. Dilansir dari helathline, berikut beberapa treatment alami untuk  penyakit PCOS.

 

Perubahan pola makan

image: pixabay

Makan makanan yang tepat dan menghindari bahan-bahan tertentu dapat membantu mengatasi PCOS. Diet bergizi dapat membantu mengatur hormon dan siklus menstruasi Anda. Makan makanan olahan dan diawetkan dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin.

 

Seimbangkan asupan karbohidrat dan protein
Karbohidrat dan protein sangat memengaruhi  kadar hormon Anda. Makan protein merangsang tubuh Anda untuk memproduksi insulin. Cobalah untuk seimbangkan asupan antara karbohidrat dan protein dalam makanan sehari-hari.

 

Hindari konsumsi kopi

Konsumsi kafein dapat merubah kadar estrogen dan perilaku hormon dalam diri. Anda bisa  meningkatkan energi Anda dengan alternatif tanpa kafein, seperti teh herbal atau bisa mengonsumsi kombucha atau jamur frementasi.

Teh hijau diketahui dapat meningkatkan resistensi insulin. Teh ini  juga dapat membantu menjaga berat badan pada wanita dengan PCOS.

 

Pertahankan berat badan yang sehat
Mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi resistensi insulin, sehingga dapat membuat menstruasi teratur, dan  mengurangi risiko kondisi terkena PCOS.

 

Seimbangkan olahraga
Olahraga penting untuk menjaga berat badan yang sehat. Tetapi terlalu banyak olahraga juga dapat mengganggu hormon Anda.  Latihan ringan seperti yoga, pilates, berenang dan aerobik bisa menjadi jawaban untuk olahraga yang lebih ringan. dapat dilakukan untuk jangka waktu yang lebih lama. Berenang dan aerobik ringan juga dianjurkan.

 

 

Jam tidur yang benar

Tidur mempengaruhi tingkat stres dan membantu mengatur kortisol untuk menyeimbangkan hormon Anda. Sering begadang atau mengalami gangguan tidur  juga berpengaruh dalam munculnya gejala PCOS.

(HV)