Kebiasaan Ini Mampu Optimalkan Kecerdasan Anak

Melihat tumbuh kembang anak yang optimal merupakan kesenangan dan kebanggaan bagi orang tua. Terlebih lagi tumbuh kembang pada kecerdasaan anak baik kognitif, emosional, ataupun kecerdasan diberbagai bidang lainnya.

Anak biasanya akan mengikuti dan terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik agar anak dapat meniru yang baik pula.

image: pexels

Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa kebiasaan ini untuk mengoptimalkan kecerdasan anak.

 

Istirahat yang cukup

Memiliki kualitas tidur dan istirahat yang cukup dapat mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil. Hal ini karena tidur yang cukup membuat proses tumbuh kembang otak anak menjadi lebih baik. Selain itu, tidur juga turut mengoptimalkan pertumbuhan otot dan jaringan pendukung pada tubuh Si Kecil.

Baca juga  Mau Olahraga, Jangan Lupa Lakukan Ini

Pada saat Si Kecil mendapatkan kualitas tidur yang baik, maka dapat menaikkan mood, mempertajam ingatan dan fokus, serta  membantu si kecil dapat memahami hal baru dengan mudah.

 

Jangan lewatkan sarapan

Sarapan juga menjadi salah satu faktor yang dapat mengoptimalkan kecerdasan otak Si Kecil. Melewatkan sarapan membuat kebutuhan asupan nutrisi anak berkurang.

Sarapan setiap hari  akan membuat anak dapat berkonsentrasi lebih baik ketika belajar.  Sarapan juga dapat memenuhi 10-15 persen kebutuhan gizi harian anak. Jadi, pastikan untuk selalu siapkan sarapan sehat yang bergizi tinggi untuk Si Kecil, ya. Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk menu sarapan anak adalah produk olahan susu, gandum, oat, kacang-kacangan, selai kacang, kuning telur, sayur dan buah.

Baca juga  Psikolog Elly Risman Ungkap Dampak Buruk Paparan Sinar Biru dari Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini

 

Aktif melakukan kegiatan

Sedari kecil, cobalah untuk ajarkan dengan melakukan berbagai kegiatan bersama anak.  Cobalah untuk olahraga bersama anak di pagi atau sore hari. Berolahraga diketahui dapat meningkatkan hormon endorfin, sehingga mood anak menjadi lebih senang.

Olahraga juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke  otak, sehingga otak dapat menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi. Dengan begitu, otak anak pun cenderung akan bekerja lebih baik dan membuatnya menjadi cerdas.

(HV)

Translate »