Gempa Susulan Kembali Mengguncang NTT

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,4 mengguncang Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021). Gempa tersebut merupakan gempa susulan setelah gempa bermagnitudo 7,4 yang terjadi sekitar pukul 10.20 WIB.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kupang, Margiono mengatakan, gempa susulan itu terjadi pada pukul 16.31 WITA. Lokasi gempa terletak pada 7.59 derajat lintang selatan dan 122.40 derajat bujur timur. Pusat gempa berada di laut, tepatnya 201 km Baratlaut Larantuka, NTT.

Baca juga  Rayakan World Smile Day, Smile Train Indonesia Buat Kampanye Tebar Satu Senyuman

“Kedalaman 12 Km Dirasakan (MMI) III Larantuka, II ende, II Maumere,” demikian keterangan BMKG.

BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami, namun BMKG  memberikan peringatan kepada masyarakat sekitar perihal gempa susulan.

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarnya pada hari ini, Selasa (14/12/2021), sekitar 10.20 WIB. Pusat gempa bumi berada pada 112 kilometer arah barat laut Larantuka, Kabupaten Flores Timur, dengan kedalaman 12 kilometer. Gempa dengan magnitudo yang besar tersebut memicu munculnya peringatan dini tsunami di beberapa daerah, yaitu Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku.

Baca juga  Lindungi Sumber Daya Genetik Indonesia dari Pihak Asing

(HV)

Translate »