Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Hamil

157

Wanita mungkin mengalami rambut rontok setelah kehamilan karena kadar hormon yang berfluktuasi. Wanita hamil mengalami peningkatan kadar progesteron dan penurunan kadar estrogen, menyebabkan rambut mulai jatuh ke tahap istirahat terlalu dini.

Setelah melahirkan, rambut baru mulai tumbuh, menyebabkan rambut yang berada dalam fase istirahat menjadi rontok. Ini biasanya terjadi antara tiga dan enam bulan setelah melahirkan, dan kebanyakan wanita mencapai pola pertumbuhan rambut normal.

sumber: wartakesehatan.com

Beberapa wanita mengalami jerawat, pigmentasi, stretch mark, mata bengkak, lingkaran hitam dan rambut rontok, sementara yang lain memiliki cahaya kehamilan yang tetap bersama mereka sepanjang waktu.

Selama kehamilan, rambut berada dalam tahap pertumbuhan dan tahap kerontokan. Hindari pemakaian kondisioner berlebihan jika rambut lepek, hindari semprotan tanpa bilas, bilas rambut dengan air dingin setelah menggunakan kondisioner.

Untuk rambut keriting, gunakan sampo dan kondisioner anti keriting. Hindari terlalu banyak mengeringkan rambut. Cobalah untuk memiliki pola makan yang sehat dan banyak buah-buahan dan cukup protein dan buah-buahan kering.

 

Makan yang sehat

Pastikan diet Anda kaya akan makanan yang mengandung antioksidan. Beberapa makanan yang baik untuk hal yang sama adalah stroberi, apel, rajma, plum, dll. Antioksidan membantu memperkuat akar.

 

Jaga kebersihan kulit kepala dan rambut Anda

Cuci kulit kepala Anda dengan shampo anti-rambut rontok yang lembut. Kondisikan rambut Anda untuk menghindari kerusakan. Jika Anda kekurangan waktu, gunakan kondisioner tanpa bilas.

 

Hindari menarik dan mengikat rambut

Jangan mengikat rambut Anda dengan kencang karena ini akan membuat kulit kepala dan rambut Anda tegang. Hal ini akan membuat rambut Anda mudah rontok.

 

Suplemen vitamin

Tubuh pasca kehamilan Anda akan membutuhkan beberapa suplemen untuk membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan Anda. Pastikan Anda mengonsumsi vitamin seperti Vitamin B dan C secara teratur untuk menjaga rambut lebih penuh.

 

Perawatan kimia

Hindari mewarnai, meluruskan, dan mengeriting rambut Anda, karena dapat menyebabkan kerontokan rambut.