Cara Membantu Anak Mengatasi Kemarahan

Sulit bagi orang tua dan anak-anak ketika seorang anak berjuang dengan kemarahan. Beberapa anak menjadi mudah frustasi. Mereka meledak karena peristiwa yang tampaknya kecil. 

image: Verywell Mind

Jika anak Anda mengalami ledakan kemarahan, dan terutama jika kemarahan anak Anda mengganggu hubungan dan kualitas hidup mereka, penting untuk mengajari mereka keterampilan yang mereka butuhkan untuk menangani perasaan mereka dengan cara yang sehat. Berikut adalah tips membantu anak mengatasi kemarahan.

 

Ajari anak tentang perasaan

Anak-anak lebih cenderung menyerang ketika mereka tidak memahami perasaan mereka atau mereka tidak dapat mengungkapkannya secara verbal. seorang anak yang tidak dapat memahami atau menjelaskan bahwa mereka sedih mungkin berperilaku tidak pantas untuk mendapatkan perhatian Anda.

Baca juga  Biasakan Anak Untuk Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur Seperti Yang Dilakukan Rasulullah

 

Kembangkan keterampilan manajemen amarah

Salah satu cara terbaik untuk membantu seorang anak yang merasa marah adalah dengan mengajari mereka teknik-teknik manajemen kemarahan yang spesifik. Mengambil napas dalam-dalam, misalnya, dapat menenangkan pikiran dan tubuh anak Anda ketika mereka sedang kesal. 

 

Tindak lanjuti dengan konsekuensi

Disiplin yang konsisten diperlukan untuk membantu anak Anda belajar bahwa agresi atau perilaku tidak sopan tidak dapat diterima. Jika anak Anda melanggar aturan, tindak lanjuti dengan konsekuensi setiap kali.

 

Hindari media kekerasan

Jika anak Anda menunjukkan perilaku agresif, mengekspos mereka ke acara TV atau video game kekerasan dapat memperburuk masalah.4 Fokus pada mengekspos mereka ke buku, permainan, dan menunjukkan bahwa model keterampilan resolusi konflik yang sehat.

Baca juga  Kate Middleton Bagikan Trik School From Home Favoritnya

 

Cobalah membantu anak Anda dengan cara yang positif

Anak-anak tidak menikmati perasaan marah atau ledakan kemarahan. Seringkali, mereka bereaksi terhadap frustasi dan ketidakmampuan untuk mengelola perasaan besar mereka sendiri. Membantu anak Anda belajar merespons kemarahan dan emosi negatif lainnya dengan tepat akan berdampak positif pada kehidupan mereka di rumah dan di sekolah. Jika Anda kesulitan, mintalah bantuan dokter anak atau konselor sekolah anak Anda.

Translate »