Bikin Tulang Kuat, Konsumsi Makanan Ini!

Kalsium sangat penting untuk kesehatan, khususnya kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kalsium juga berperan dalam kesehatan jantung, fungsi otot, dan sinyal saraf.

Untuk orang dewasa,  disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium per hari. Beberapa kelompok usia seperti remaja, wanita pascamenopause, dan lansia membutuhkan kalsium lebih banyak per harinya.

Jika kalsium biasa Anda dapatkan dari mengkonsumsi susu, ternyata beberapa makanan juga kaya akan kalsium. Melansir dari healthline, berikut beberapa makanan yang kaya akan kalsium.

 

Biji-bijian
Biji wijen dan chia kaya akan kalsium. Biji-bijian juga mengandung banyak protein dan lemak sehat. Misalnya, biji chia kaya akan asam lemak omega-3 nabati.

Biji wijen mengandung 7% DV untuk kalsium dalam 1 sendok makan (9 gram), ditambah mineral lainnya, termasuk tembaga, besi, dan mangan.

Baca juga  Mengapa Anda Tidak Boleh Terlalu Banyak Tidur?

 

Yogurt
Yogurt adalah sumber kalsium yang sangat baik. Banyak jenis yogurt yang kaya akan probiotik,  yang baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Satu cangkir (245 gram) yogurt tawar mengandung 23% DV untuk kalsium, serta fosfor, kalium, dan vitamin B2 dan B12 dalam dosis tinggi. Selain menyediakan beragam nutrisi, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi yogurt secara teratur dapat berpengaruh pada penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

 

Kacang almond
Dari semua kacang-kacangan, almond termasuk yang tertinggi kandungan kalsiumnya. Hanya 1 ons (28 gram) almond, atau sekitar 23 kacang, memberikan 6% DV. Almond juga menyediakan 3,5 gram serat per ons (28 gram), serta lemak dan protein sehat. Selain itu, mereka adalah sumber magnesium, mangan, dan vitamin E yang sangat baik.

Baca juga  Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Makan kacang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, lemak tubuh, dan beberapa faktor risiko lain untuk penyakit metabolik

 

Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan kalsium paling tinggi diantara sayuran lainnya, seperti  sawi hijau, bayam dan kangkung. Misalnya, 1 cangkir (190 gram) sawi hijau yang dimasak memiliki 268 mg kalsium, atau sekitar 21% dari jumlah yang Anda butuhkan dalam sehari.

(HV)

Translate »