Apa Yang Harus Anda Makan Setelah Workout?

Saat melakukan olahraga, tujuan Anda adalah untuk berkeringat dan menyehatkan badan. Saat keringat dan energi keluar dari tubuh, tubuh akan merasa lemas. Saat itulah waktu yang tepat untuk Anda mengembalikan energi yang hilang selama olahraga tadi.

Tetapi apakah pernah memikirkan makanan apa yang harus dimakan saat setelah melakukan olahraga atau workout?  Jika tidak, ada baiknya Anda melakukannya. Ternyata mengonsumsi nutrisi yang tepat setelah Anda berolahraga sama pentingnya dengan apa yang Anda makan sebelumnya.

image: unsplash

Setelah berolahraga, tubuh Anda mencoba membangun kembali simpanan glikogennya serta memperbaiki dan menumbuhkan kembali protein otot tersebut. Makan nutrisi yang tepat segera setelah Anda berolahraga dapat membantu tubuh Anda menyelesaikannya lebih cepat. Sangat penting untuk makan karbohidrat dan protein setelah berolahraga.

Baca juga  Benarkah Smartphone Bisa Sebabkan Penuaan Dini?

Untuk membantu Anda mengoptimalkan nutrisi setelah berolahraga, berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi.

Karbohidrat membantu pemulihan
Simpanan glikogen tubuh Anda digunakan sebagai bahan bakar selama berolahraga, dan mengonsumsi karbohidrat setelah berolahraga membantu mengisinya kembali.

Oleh karena itu, mengonsumsi karbohidrat dan protein setelah berolahraga dapat memaksimalkan sintesis protein dan glikogen. Coba konsumsi keduanya dengan perbandingan 3 banding 1 (karbohidrat terhadap protein). Misalnya, itu 40 gram protein dan 120 gram karbohidrat.

Makan banyak karbohidrat untuk membangun kembali simpanan glikogen paling penting bagi orang yang sering berolahraga. Ada baiknya Anda memilih makanan yang mudah dicerna untuk mendorong penyerapan nutrisi lebih cepat. Untuk makanan yang mengandung banyak karbohidrat, Anda bisa mengonsumsi nasi, susu cokelat, kentang, ubi,  pisang, roti gandum, maupun pasta.

Baca juga  Tindakan yang Dapat Anda Lakukan Saat Merasa Kesepian

 

Protein membantu memperbaiki dan membangun otot
Mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup setelah berolahraga memberi tubuh Anda asam amino yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan membangun kembali protein dan membangun jaringan otot baru.

Dilansir dari healthline, penelitian telah menunjukkan bahwa menelan 20-40 gram protein tampaknya memaksimalkan kemampuan tubuh untuk pulih setelah berolahraga

Untuk menambah protein dalam tubuh, ada baiknya Anda mengonsumsi telur, yogurt, ikan salmon, ayam, alpukat,dan selai kacang.

Translate »