Apa Manfaat Rolling Busa Pada Saat Olahraga?

Penggulungan busa adalah teknik self-myofascial release (SMR). Ini dapat membantu meredakan ketegangan otot, nyeri, dan peradangan, dan meningkatkan jangkauan gerak sendi Anda.

image: freepik

Penggulungan busa dapat menjadi alat yang efektif untuk menambah olahraga pemanasan atau pendinginan Anda, sebelum dan sesudah berolahraga. Melansir dari healthline.com, inilah manfaat rolling busa untuk kebugaran tubuh.

1. Meringankan nyeri otot

Penggulungan busa dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri otot dan mengurangi peradangan.

 

2. Meringankan sakit punggung

Rol busa dapat menghilangkan nyeri punggung bawah, putar rol busa Anda sehingga vertikal (sejajar dengan tulang belakang Anda) dan perlahan-lahan gulung rol dari sisi ke sisi, masih sejajar dengan tulang belakang Anda.

Baca juga  Cara Tetap Olahraga Di Luar Ruangan Untuk Pemilik Alergi Musiman

Lakukan ini alih-alih menjaganya tetap horizontal, yang dapat menyebabkan Anda melengkungkan dan meregangkan punggung.

 

3. Menghilangkan ketegangan otot

Menghilangkan ketegangan pada otot Anda dapat membantu Anda merasa relaks.

 

Apakah rol busa aman untuk kebugaran tubuh?

Roling busa dianggap aman dilakukan jika Anda mengalami ketegangan otot atau rutin berolahraga. Tetapi hindari penggulungan busa jika Anda mengalami cedera serius seperti robekan atau patah otot.

Rolling busa dianggap paling aman untuk olahraga, karena bentuknya seperti busa yang dapat membantu dengkul Anda saat shit-up.

Rol busa biasanya berbentuk silinder dan terbuat dari busa padat. Tetapi Anda dapat menemukan rol busa dalam berbagai ukuran dan bentuk.

Baca juga  Bisa Ditiru, Ternyata Ini Manfaat Self-Talk

Saat memilih roller busa, Anda juga harus mempertimbangkan bentuk dan ukuran. Rol yang lebih pendek lebih efektif untuk area yang lebih kecil seperti lengan dan betis, misalnya. Rol yang lebih pendek juga lebih portabel jika Anda berencana untuk bepergian dengan roller Anda.

Penggulung busa juga bisa menjadi alat penting untuk digunakan saat pendinginan setelah berolahraga. Scarflover jika Anda secara teratur duduk atau berdiri untuk pekerjaan Anda, atau hanya merasa sakit dan nyeri, penggulungan busa juga dapat bermanfaat.

 

 

(DT)

Translate »