Sejarah Curug Nangka yang Tersembunyi Di Bawah Kaki Gunung Salak

Curug Nangka adalah wisata air terjun yang mempunyai keindahan yang luar biasa. Tambah menarik lagi dengan tantangan yang harus dilewati mulai dari awal hingga akhir perjalanan. Pesonanya memang dikhususkan bagi mereka yang mempunyai jiwa petualangan tinggi.

Curug nangka ini terdapat di kota hujan, yaitu Bogor. Bogor adalah kota yang paling eksotis dan menarik. Suhunya yang sejuk dan teduh, membuat semua orang betah berlama-lama disini.

Alamat lokasi Curug Nangka berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Image : dolanyok.com

Curug Nangka nama yang diambil dari pepohonan nangka yang ada disekitar kawasan. Scarflover, dahulu di dekat air terjun terdapat buah nangka yang tidak pernah habis. Tidak ada yang tahu dari mana buah nangka tersebut berasal.

Baca juga  Melihat Jadwal Jakarta Fashion Week 2020 Menjadi Lebih Mudah Melalui Aplikasi

Seiring berjalannya waktu pohon ini pun hilang. Tetapi warga tetap menyebutnya dengan nama Curug Nangka. Tempat ini berada di ketinggian 750 mdpl, sehingga mempunyai suhu yang cukup sejuk dan alam yang sangat asri.

Melansir dari wisatabagus.com, di balik keindahan Curug Nangka dengan segala daya tariknya, ternyata curug ini menyimpan misteri yang membuat sebagain orang juga mengenalnya sebagai tempat yang angker.

Selain dipercaya menjadi tempat semedi orang-orang sakti zaman dulu seperti raden Surya Kencana, di curug ini juga ada sebuah batu yang bentuknya mirip anjing.

Batu ini oleh sebagian orang dipercaya sebagai jelmaan ayah Sangkuriang yang kita tahu kisahnya begitu melegenda di tanah Sunda hingga sekarang.

Baca juga  Scarf Media Jalan-jalan: Keliling Wisata Edukasi & Ramah Muslim di Jakarta

Curug Nangka mempunyai ketinggian kurang lebih 25 meter. Debit airnya selalu mengalir dan tidak akan pernah habis walau berada di musim kemarau sekali pun.

Inilah Curug yang unik karena untuk menikmati pemandangannya harus melewati sungai bebatuan. Sungai tersebut adalah jalan satu-satunya menuju ke curug. Airnya cukup tenang dan teduh, sehingga mudah untuk dilalui.

Tidak terlalu jauh dari Curug Nangka, ada dua curug lagi yang jaraknya kurang lebih 1 km. Namanya adalah Curug Kawung dan Curug Daun, dimana keduanya memiiki debit yang lebih kecil sehingga kurang berkesan untuk dijadikan spot foto.

Bagaimana Scarflover tertarik mengunjungi Curug Nangka saat weekend nanti?.

 

(DT)

Translate »