Manfaat Daun Kemangi, Dapat Melindungi Kulit Dari Efek Penuaan

Daun kemangi terkenal akan rasanya dan wanginya yang khas. Rasanya yang nikmat dan wanginya yang khas membuat daun ini sering dijadikan lalapan. Tidak hanya enak dimakan, daun kemangi ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan, lho.

image: pixabay

Daun kemangi memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti mineral, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serat, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin, dan fosfor. Kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, daun kemangi sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin karena baik untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat daun kemangi yang baik untuk kesehatan:

 

Mengurangi stres

Antioksidan merupakan hal penting yang berguna untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Jika menumpuk, stres oksidatif dapat terjadi yang mengakibatkan kerusakan sel dan beberapa penyakit. Dalam daun kemangi terdapat antioksidan, sehingga mengkonsumsi daun kemangi secara rutin dapat membantu mengurangi stres.

Baca juga  5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Untuk Anti Aging

 

Melawan kanker

Daun kemangi diketahui mengandung phytochemical, eugenol, apigenin, liteolin, asam rosmarinic, myretenal, dan asam carnosic, yang dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker kulit, mulut, hati, dan paru-paru. Zat antioksidan yang dimiliki daun kemangi dapat memperlambat sel kanker.

 

Mengurangi pembengkakan dan peradangan

Apakah Scarflover sedang mengalami pembengkakan? Jika iya, mengkonsumsi daun kemangi adalah jawabannya. Ekstrak kemangi mampu mengurangi pembengkakan hingga 73 persen, setelah 24 jam perawatan. Tidak hanya mengobati pembengkakan, kemangi juga dapat mengobati peradangan.

Baca juga  Cara Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

 

Menjaga kesehatan jantung

Mengandung eugenol didalamnya, membuat kemangi ampuh mengurangi tekanan darah tinggi. Konsumsi kemangi secara rutin terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

 

Melindungi kulit dari efek penuaan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh, ternyata daun kemangi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Menurut penelitian yang diterbitkan DARU Journal of Pharmaceutical Sciences, daun kemangi memiliki khasiat untuk melindungi kulit dari efek penuaan. Daun kemangi mampu menghidrasi kulit, membuat kulit halus, dan mengurangi kerutan pada kulit.

(HV)

Translate »