Lifter Nurul Akmal Cetak Rekor Nasional pada PON XX Papua

Belum berhasil membawa pulang medali untuk Indonesia pada Olimpiade Tokyo, Nurul Akmal berhasil membuktikan dirinya pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Ia mengantongi medali emas untuk Aceh serta berhasil memecahkan rekor terbaru pada kelas 87 kilogram.

Wanita berusia 28 tahun ini berhasil mengumpulkan total angkatan sebesar 258 kg. Pada babak snatch ia sukses mengangkat beban sebesar 101 kg, 107 kg, dan 116 kg. Sedangkan pada babak clean and jerk ia berhasil mencapai angkatan beban 131 kg, 136 kg, dan 142 kg. 

Baca juga  Kontroversial Film The Santri
Image : pixabay

 

Dengan total angkatan tersebut ia berhasil menjadi lifter wanita yang berhasil mencatatkan diri sebagai lifter wanita dengan totalan beban terbesar di Indonesia. Selain itu ia berhasil mengalahkan rekornya sendiri yakni 113 kg yang Ia torehkan pada tahun 2019 yang lalu di Doha, Qatar.

Pada ajang PON Papua ini ia berhasil mengalahkan ke empat lifter wanita lainnya. Ia berhasil mengalahkan lifter Riska Oktaviana dari Kalimantan Barat, Jihan Syafitri dari Jambi, Wuri Hasanah dari Kalimantan Barat serta lifter asal Riau, Rena Illasari.

Baca juga  Produk Daging dari Nabati Ini Dukung Kebaikan Diri dan Bumi

Nurul berhasil mencetak rekor dengan bersih tanpa kegagalan, ia juga berhasil menorehkan juara dengan pautan nilai total angkatan yang cukup jauh dengan sang peraih mendali perak, Riska Oktaviana. Riska berhasil menyabet medali perak dengan total angkatan 223 kilogram.

 

 

(MW)

Translate »