ISEF Menjaring Potensi Talenta Muda Tentang Kesadaran Sustainable Fashion

 Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bersinergi dengan Indonesian Fashion Chamber dan Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC) untuk mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim , sustainable muslim fashion. Dalam mewujudkan sustainable muslim fashion sebagai pusat halal dunia, ISEF  menghadirkan rangkaian acara pameran, fashion show, talkshow, dan kompetisi desain.

image: ISEF

Modest Young Designer Competition (MYDC) bertujuan menjaring talenta muda yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan sebagai entrepreneur untuk mewarnai sektor fesyen muslim nasional. Kompetisi ini diharapkan  dapat memotivasi generasi muda untuk meningkatkan kompetensi busana muslim Indonesia agar memiliki daya saing tinggi di pasar nasional dan global.

Baca juga  Koleksi Terbaru Hana Tajima x Uniqlo Hadirkan Busana Modest Sesuai Kepribadian

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta mengirimkan sketsa desain ready to wear muslim yang menerapkan konsep sustainable fashion dengan mengeksplorasi kekayaan konten lokal dan mengaplikasi tren warna, motif, serta material tekstil. Kriteria penilaian kompetisi ini berdasarkan kreativitas, orisinalitas, daya pakai, kerapihan, ketepatan pemilihan bahan, daya jual, dan kesiapan dari segi bisnis.

Kompetisi ini diikuti lebih dari 500 pendaftar yang kemudian terseleksi menjadi 13 finalis yang berhasil lolos ke babak Grand Final dengan total hadiah hingga Rp 90 juta. Untuk menjuarai kompetisi ini seluruh peserta harus bersaing ketat. Diharapkan lomba ini dapat mencetak desainer baru, generasi baru, untuk mewarnai dan mengembangkan potensi industri fesyen muslim Indonesia secara berkelanjutan.

Baca juga  Bersiaplah Menyaksikan Kolaborasi Burberry dan Vivienne Westwood

13 finalis MYDC 2021 terpilih yaitu Leli Al Idrus, Nur Faridatus, Galuh Agnes, Andika Kurniawan, Zukhaila Noor Failasufa, Rohanita, Maame K. Bankah, Bagaskara Panuluh, Andrean Nur, Lutfiaz Tri Annisa, Taufik Hidayat, Yulia Rostiani, dan Fista Wulan yang berkesempatan menampilkan karyanya di panggung Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021.

Berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri terhadap 13 Finalis MYDC 2021, telah ditetapkan Taufik Hidayat sebagai Juara Pertama, Fista Wulan Fachrunisa sebagai Juara Kedua, dan Lutfiaz Tri Annisa sebagai Juara Ketiga, serta Maame K. Bankah sebagai Juara Favorit.

(HV)

Translate »