Inilah! Amalan Maulid Nabi di Bulan Rabiul Awal

Di bulan Maulid Nabi, umat Islam lebih disarankan untuk memperbanyak amalan sunnah. Salah satunnya memperbanyak membaca Sholawat.

Maulid Nabi juga menjadi momen yang tepat untuk melakukan beberapa amalan baik, seperti puasa sunah, menyantuni anak yatim, membaca maulid, atau bersedekah.

Ada satu amalan lain yang tak kalah pentingnya, yaitu membaca sholawat Nabi saw. Salah satu hikmah membaca sholawat adalah dikabulkannya doa-doa.

image: pexels

Scarflover berikut ini beberapa doa dan amalan yang bisa dikerjakan pada saat Maulid Nabi.

1. Salawat Al Fatih

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca ‘shiratikal mustaqim’). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala ālihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim.

Artinya,“Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

Baca juga  Meneladani Sikap Tawadhu Nabi Muhammad SAW

 

2. Salawat Nariyah

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taaman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhalu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhoo bihil hawaaiju wa tunaalu bihir roghooibu. Wa husnul khowatiimi wa yustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lu mi laka.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah selawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab Nabi SAW semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Baca juga  Pakai Masker Saat Solat, Bolehkah?

 

3. Salawat Munjiyat

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayyidina muhammadin sholaatan tunjiina bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaat, wa taqdhiilana min jamii’il haajat, watuthohhiruna biha minjamii’is sayyiaat, watar fa’una bihaa ‘indaka a’laa darojaat, watuballighuna bihaa aqshol ghooyaat min jamii’il khoirooti fil khayaati waba’dal mamaati.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan selawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan, dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami, dengan selawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan, dengan selawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi, dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

 

 

(DT)

Translate »