Filosofi Batik Cirebon Yang Harus Diketahui!

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Motif batik di Indonesia sangatlah beragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas motif batiknya masing-masing, salah satunya Cirebon.

Batik Cirebon merupakan ragam batik khas Cirebon yang ada di Jawa Barat. Batik tradisional di Keraton  Cirebon  telah berkembang sejak awal perkembangan agama Islam di Cirebon.

Perjalanan sejarah batik di Cirebon mula-mula muncul di lingkungan keraton yang selanjutnya keluar melalui para abdi dalem yang tinggal di luar keraton. Seiring berjalannya waktu, masyarakat Cirebon mengetahui dan mempelajari seni batik sebagai barang dagangan.

Cirebon yang berada di pantai utara Jawa sangat strategis sebagai tempat bertemunya berbagai kebudayaan. Batik Cirebon memiliki motif yang paling terkenal yaitu motif megamendung.

Baca juga  "Claude" Koleksi Perdana Ronauli Liu yang Terinpirasi Dari Karya Pelukis Monet

Sejarah motif megamendung ini berkaitan dengan sejarah kedatangan bangsa Cina di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie. Motif ini memiliki gradasi warna yang sangat bagus dengan proses pewarnaan yang dilakukan sebanyak lebih dari tiga kali. Selain itu batik Cirebon memiliki warna latar yang lebih muda dibandingkan dengan warna pada motif atau corak batiknya.

Motif atau ornamen batik Cirebon dikelompokkan menjadi ornamen batik Pesisiran dan batik Keraton, yaitu Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman. Ornamen batik keraton termasuk dalam batik klasik, misalnya motif Paksinaga Liman, Megamendung, Patran Keris, Singa Payung, Singa Barong, dan sebagainya.

Baca juga  5 Online Shop di Luar Negeri Khusus Modest Fashion

Berikut ini beberapa motif batik Cirebon:

Megamendung

image: pinterest

Motif Megamendung memiliki filosofi yang cukup mendalam, memiliki unsur warna merah dan biru yang menggambarkan maskulinitas dan dinamis dikarenakan proses pembuatan nya ada campur tangan laki laki.  Motif yang melambangkan awan ini sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan.

 

Singa barong

image: pinterest

Ciri khas batik singa barong yaitu terdapat pada gambar kereta singa barong dengan latar berwarna putih. Batik ini memiliki makna berdasarkan nama dan sejarahnya, singa barong merupakan sejenis binatang mitologis atau ajaib.

 

(HV)

Translate »