Cara Meningkatkan Suplai ASI

Setelah melahirkan pastinya Anda menghasilkan Air Susu Ibu (ASI) sesuai kebutuhan Sang Buah Hati. Tidak semua orang menghasilkan ASI yang banyak. Jika Anda perlu memompa karena Anda sedang berada jauh dari bayi Anda, mungkin Anda ingin mencari cara untuk meningkatkan suplai ASI sehingga memiliki cukup ASI.

image: freepik

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan suplai ASI Anda!

 

Pompa lebih sering

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan suplai ASI Anda adalah dengan meningkatkan seberapa sering Anda memompa. Cluster pumping adalah teknik memompa setiap lima menit untuk memberikan stimulasi berulang pada payudara Anda. Saat payudara Anda penuh, tubuh Anda mendapat sinyal untuk berhenti memproduksi ASI. Payudara kosong memicu produksi ASI, jadi semakin banyak Anda mengosongkan payudara, semakin banyak ASI yang akan Anda hasilkan.

Baca juga  Ciptakan Antibodi, Inilah Manfaat Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi

 

Pompa setelah menyusui

Terkadang payudara Anda mungkin masih terasa penuh setelah bayi berhenti menyusu. Anda dapat mencoba memompanya setelah setiap sesi menyusui untuk memastikan payudara Anda benar-benar kosong. Hal itu menandakan tubuh Anda untuk mulai memproduksi lebih banyak susu. Seiring waktu, memompa setelah menyusui dapat menyebabkan peningkatan jumlah susu yang Anda hasilkan sepanjang hari.

 

Pompa ganda

Untuk mendapatkan ASI yang maksimal saat memompa, Anda bisa memompa kedua payudara sekaligus. Untuk mempermudah pemompaan ganda, gunakan bra pemompaan. Bra ini dibuat khusus untuk menahan pelindung payudara di tempatnya sehingga Anda bisa hands-free.

Baca juga  Kenali Cara Mengatasi Speech Delay pada Anak

 

Gunakan peralatan yang tepat

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemompaan, pompa Anda harus dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik untuk Anda. Segala sesuatu mulai dari ukuran pelindung payudara hingga kecepatan hisap akan memengaruhi seberapa banyak ASI yang bisa Anda dapatkan.

 

Miliki pola makan sehat

Selain memompa, untuk meningkatkan ASI pastinya Anda harus memiliki pola makan yang sehat. Pastikan Anda untuk mengonsumsi kalori yang cukup dan tetap terhidrasi dengan minum air putih. Usahakan untuk minum setidaknya satu cangkir air setiap kali Anda memompa atau menyusui.

 

(HV)

Translate »