Cara Mengatur Uang Di Usia 30-an

Kelola Uang Dengan Baik Di Usia 30-an

102

Cara mengatur keuangan di usia 20-an dan 30-an memiliki banyak perbedaan. Apabila usia 20-an Anda tidak terlalu memikirkan jangka panjangnya, pada usia 30-an ini saat yang tepat untuk Anda memikirkan secara detil keuangan Anda. Anda perlu tahu bagaimana Anda dapat menabung dengan cerdas untuk masa depan dan dapat melakukan semua yang Anda inginkan pada saat yang bersamaan.

image: unsplash

Berikut ini tips mengatur keuangan di usia 30-an.

 

Mengatur anggaran 

Penting sekali untuk Anda mencatat semua pengeluaran Anda untuk menutupi semua yang Anda butuhkan termasuk tagihan bulanan, uang sekolah anak dan cicilan apa pun. Jangan lupa untuk menilai kembali anggaran Anda untuk hal-hal yang tidak terduga seperti pernikahan, melahirkan, dan lain-lain.

 

Berinvestasi dalam karir

Setiap orang pastinya berusaha untuk meningkatkan potensi dalam diri, termasuk dalam karir. Saat masuk ke usia 30-an, rasanya tak cukup untuk berkarir hanya dalam satu pekerjaan saja. Anda bisa menambah karir Anda dibidang yang lain guna untuk meningkatkan potensi diri Anda.

 

Membayar hutang

Apapun hutang yang mungkin Anda miliki, Anda harus mengatur pengeluaran Anda untuk dapat membayar semuanya kembali secara penuh. Dengan begitu, Anda akan dapat menabung untuk masa depan juga.

 

Hindari peminjaman uang

Setiap orang perlu mengendalikan kebiasaan belanja dengan cara yang cerdas dan efisien. Bahkan jika Anda berencana untuk membuka usaha sampingan, cobalah untuk menghindari pinjaman besar dari bank karena dapat mengacaukan hidup Anda. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menabung sebagian dari gaji Anda setiap bulan untuk menghindari meminjam uang dari orang lain.

 

Dana darurat

Ingatlah untuk membuat dana darurat Anda sendiri, di mana Anda menabung setara dengan 3 sampai 6 bulan biaya hidup jika terjadi sesuatu. Anda juga harus menambahkan persentase uang dana darurat untuk mengamankan diri Anda dan keluarga Anda sebanyak mungkin.

 

Asuransi

Asuransi penting sekali untuk itu mengamankan penghasilan bulanan Anda setiap kali Anda mencapai titik di mana Anda tidak bisa lagi bekerja. Asuransi juga melindungi kesehatan Anda bahkan asuransi untuk mobil sekalipun. Pastikan Anda tidak melupakan asuransi karena Anda harus selalu memikirkan masa depan dengan cerdas dan hati-hati.

 

(HV)