Bagaimana Hukum Puasa Dihari Jumat, dalam Islam?

Bagi umat muslim, hari Jumat merupakan hari yang sangat mulia atau hari yang diagungkan. Hal ini dikarenakan hari Jumat memiliki banyak keistimewaan, salah satunya ialah berbagai doa yang dipanjatkan menjadi mustajab atau mudah dijawab oleh Allah SWT. Oleh karena keistimewaannya tersebut, banyak umat muslim yang berlomba-lomba melakukan ibadah di hari Jumat ini.  

Muslim family having dinner on the floor

Apakah boleh puasa di hari Jumat? .

Hukum makruh melaksanakan puasa di hari Jumat akan berubah ketika puasa tersebut dilakukan dalam rangkaian puasa Daud. Puasa Daud merupakan puasa yang dilakukan secara selang-seling, yaitu sehari puasa dan sehari tidak.

Baca juga  Cara Mendidik Anak ala Rasulullah SAW

Oleh karena itu Scarflover, apabila Anda sedang melaksanakan puasa Daud, maka puasa tersebut tetap boleh dilakukan. Ketentuan ini didapat dari hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, yang berkata bahwa Nabi Saw bersabda:

“Janganlah khususkan malam Jumat dengan salat malam tertentu yang tidak dilakukan pada malam-malam lainnya. Janganlah pula khususkan hari Jumat dengan puasa tertentu yang tidak dilakukan pada hari-hari lainnya kecuali jika ada puasa yang biasa kalian lakukan.”

Selain puasa Daud, puasa di hari Jumat juga diperbolehkan ketika sedang melakukan rangkaian puasa Syawal, yaitu puasa di awal bulan Syawal atau setelah Idul Fitri. Hal ini juga didasari dari praktik berpuasa di hari Jumat, yang mana harus diikuti dengan puasa pada hari sebelum atau sesudah hari Jumat.

Baca juga  Cara Melatih Anak untuk Puasa Ramadan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah kalian puasa di hari Jumat kecuali melakukan puasa sebelum atau sesudahnya.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Bagaimana Scarflover? apakah sudah menjawab bahwa puasa di hari Jumat sangat di anjurkan sesuai apa yang dianjurkannya.

 

 

(DT)

Translate »