Apakah Ada Hubungan Antara COVID-19 dan Mata Kering?

Gejala yang paling khas adalah batuk, demam, dan kelelahan, tetapi banyak gejala lain yang mungkin terjadi. Lebih banyak yang diketahui tentang gejala COVID-19 sekarang daripada di awal pandemi. Para peneliti telah menghubungkan mata kering dan gejala mata lainnya dengan infeksi COVID-19.

Apakah mata kering merupakan gejala COVID-19?

Mata kering bukanlah salah satu gejala COVID-19 yang paling umum, penyakit yang disebabkan oleh virus corona (SARS-CoV-2). Dan mata kering tanpa gejala seperti flu tidak mungkin berarti Anda memiliki COVID-19.

Melansir dari healthline, mata kering adalah kondisi umum, terutama pada orang di atas usia 50 tahun. Mata kering atau perasaan ada benda asing di mata adalah gejala mata yang paling umum. Dilaporkan pada 16 persen orang yang mengalami gejala mata dan 1,7 persen orang dengan COVID-19.

Baca juga  Indonesia Millennial Report 2020 Ungkap Stereotip Anak Muda Indonesia

Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 diduga masuk ke dalam sel tubuh Anda melalui enzim yang disebut angiotensin converting enzyme 2 (ACE2). ACE2 telah diidentifikasi dalam sel epitel yang menutupi permukaan mata Anda.

Image : pixabay

Bisakah memakai penutup wajah menyebabkan mata kering?

Penutup wajah sangat penting untuk memperlambat penyebaran COVID-19, tetapi juga dapat menyebabkan kekeringan pada mata. Saat masker Anda menempel longgar di wajah Anda, udara yang dihembuskan dapat bergerak ke atas dan mempercepat laju hilangnya kelembapan mata Anda. Orang yang sudah memiliki mata kering kemungkinan besar akan mengalami mata kering akibat penggunaan masker yang berkepanjangan.

Baca juga  Ini Bahaya Jika Sering Makan Junk Food

 

Apakah ada gejala lain yang berhubungan dengan mata dari COVID-19?

Penelitian telah mengaitkan berbagai gejala mata dengan COVID-19, tetapi itu bukan yang paling umum.

  • mata kering atau sensasi benda asing (16 persen)
  • kemerahan (13,3 persen)
  • gatal (12,6 persen)
  • sakit mata (9,6 persen)

Scarflover faktor lain yang secara tidak langsung terkait dengan COVID-19, seperti penggunaan penutup wajah yang berkepanjangan dan peningkatan waktu layar selama pandemi, juga dapat berkontribusi. Mata kering tanpa gejala COVID-19 yang lebih khas tidak mungkin menjadi tanda COVID-19.

 

(DT)

Translate »