Allergy-Tummy Checker Sebagai Pendeteksi Dini Alergi Gangguan Saluran Cerna

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat angka kejadian alergi susu sapi (ASS) 2-7,5% dengan kasus tertinggi terjadi pada usia awal kehidupan si Kecil. Gejala alergi sering terjadi pada saluran pernapasan, kulit, serta saluran cerna. Gangguan di saluran cerna menjadi gejala alergi paling tinggi dengan persentase sebanyak 50-60%. Danone Specialized Nutrition Indonesia mengadakan webinar dengan tema “Gejala Alergi Saluran Cerna VS Gangguan Saluran Cerna Fungsional: Cara Membedakannya”, guna mengedukasi para orangtua mengenai pentingnya mengenali gejala alergi terutama pada saluran cerna si Kecil dan penanganan yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin, berharap bahwa para orangtua lebih memahami tentang pentingnya mengenali perbedaan gangguan saluran cerna sebagai gangguan fungsional atau karena alergi sebagai langkah pencegahan dini sehingga orangtua dapat mendukung proses tumbuh kembang si Kecil tetap optimal.

Baca juga  Kenali Tanda Virus Marburg yang Menjadi Ancaman di Tengah Pandemi


Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi dr. Frieda Handayani Sp.A (K) menjelaskan bahwa saluran cerna pada anak masih rentan, antara lain karena organ saluran cerna belum berfungsi sempurna, oleh karenanya saluran cerna seringkali mengalami gangguan seperti konstipasi.  Selain itu, gangguan saluran cerna pada anak juga dapat merupakan manifestasi alergi, seperti alergi susu sapi.

“Gangguan saluran cerna dapat menyebabkan terganggunya asupan nutrisi pada anak sehingga bila tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang si Kecil. Sedangkan penyakit alergi dapat memberikan dampak negatif jangka panjang sehingga mengganggu kualitas hidup dan tumbuh kembang si Kecil. Oleh karena itu, tindakan promotif dan preventif sejak dini menjadi hal sangat penting untuk mengatasi penyakit alergi.”, ujar dr. Frieda

Baca juga  Cegah Stunting dengan Pantau Tumbuh Kembang Anak

Mom Influencer Binar Tika juga berbagi pengalamannya dalam menangani anak dengan ASS. “Sebagai orangtua yang memiliki anak dengan ASS, akan sangat membantu jika ada alat yang dapat mendeteksi alergi saluran cerna, sehingga orangtua lebih waspada dan anak mendapat penanganan yang tepat.”

Untuk mempermudah orangtua dalam membedakan gejala gangguan saluran cerna yang disebabkan oleh alergi atau hanya gangguan saluran cerna biasa, Danone memghadirkan Allergy-Tummy Checker. Dengan Allergy-Tummy Checker, nantinya para orangtua dapat mengetahui tata laksana yang diperlukan si Kecil untuk menghindari kondisi pemicu alergi, termasuk pada pemilihan nutrisi untuk si Kecil yang tidak cocok mengonsumsi susu sapi. 

(HV)

Translate »