Yuk Ketahui Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah

Kenali Perbedaan Cincin

16

Menikah adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh pasangan calon mempelai. Banyak sekali kebutuhan dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah cinicin.

Memberikan cincin merupakan sebuah tradisi dimana cincin menjadi sebuah simbol komitmen dan ikatan yang sakral. Saat ini terdapat tren baru yakni memberikan dua cincin berbeda yang diberikan pada saat tunangan dan pada saat melangsungkan pernikahan.

Apakah perbedaan antara keduanya? Apakah hanya berbeda penyebutan atau ada perbedaan makna? Simak informasinya di bawah ini yuk Scarflover

 

  • Cincin Tunangan
Image : pexels

Tunangan sendiri merupakan tradisi yang dilakukan oleh pasangan untuk mengikat keduanya sebelum menuju ke jenjang pernikahan yang abadi. Biasanya cincin tunangan diberikan pria pada saat melamar. Hal yang menarik, cincin ini hanya dipakai untuk wanitanya saja sedangkan mempelai pria tidak wajib memakainya, lho.

Design yang digunakan pada cincin tunangan sendiri juga lebih elegan karena memliki batu permata atau berlian. Bentuknya yang mewah sendiri juga menjadi pertanda bahwa sang pria sudah siap secara finansial untuk meminang. Cincin tunangan diberikan oleh Ibu dari pihak pira kepada wanita dan digunakan pada jari manis di tangan kiri. Tapi, pemberiaan cincin tunangan tidak menjadi sebuah kewajiban kok!

 

  • Cincin Nikah
Image : pexels

Mirip dengan cincin tunangan, cincin nikah juga menjadi pertanda pengikat antara kedua pasangan. Bedanya, cincin ini menandakan bahwa telah resminya pasangan menjadi sepasang suami istri. Cincin nikah di-design lebih minimalis untuk menandakan kesederhanaan dalam pernikahan. Selain itu, perbedaan yang terlihat adalah cincin pernikahan dipakai oleh keduanya di jari manis tangan kanan.

Itulah perbedaan antara cincin tungan dan cincin nikah. Ternyata keduanya memiliki pemaknaan yang berbeda ya Scarflover. Jadi tambah ngerti deh harus memilih cincin seperti apa untuk hari besar Anda nanti!

 

 

(MH)