Varian COVID baru C.1.2 terdeteksi di Afrika Selatan

Virus Covid-19 Terbaru

14

Penelitian baru yang diterbitkan minggu ini menunjukkan bahwa Afrika Selatan, di mana lebih dari 13% orang dewasa sekarang divaksinasi penuh terhadap Covid-19, mungkin menghadapi varian virus baru. Departemen Kesehatan telah memperingatkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, yang memantau situasi.

Dilansir dari Daily Maverick, Varian yang diidentifikasi oleh para peneliti dari Institut Nasional Penyakit Menular dan Platform Inovasi dan Sekuensing Penelitian KwaZulu-Natal, disebut sebagai “garis keturunan C.1.2”. Mayoritas urutan garis keturunan C.1.2 dari seluruh dunia sejauh ini berasal dari Afrika Selatan.

image: pixabay

C.1.2 pertama kali terdeteksi di Mpumalanga dan Gauteng pada bulan Mei, menjelang awal gelombang ketiga infeksi di negara itu. Sebulan kemudian, muncul di KwaZulu-Natal dan Limpopo, serta di Inggris dan Cina. Pada 13 Agustus, C.1.2 juga telah terdeteksi di Eastern Cape, Western Cape dan Northern Cape yang berarti virus tersebut beredar di tujuh dari sembilan provinsi Afrika Selatan bersama dengan Botswana, Republik Demokratik Kongo, Mauritius, Selandia Baru, Portugal dan Swiss.

Wakil direktur jenderal Departemen Kesehatan, Anban Pillay, mengatakan prevalensi varian baru dalam sampel yang telah diuji “sangat rendah pada tahap ini”.

Namun demikian, jumlah genom C.1.2 yang diurutkan di Afrika Selatan mengalami peningkatan bulanan serupa dengan yang diamati pada hari-hari awal varian Beta dan Delta. Pada bulan Mei, C.1.2 membentuk 0,2% dari semua genom yang diurutkan. Pada bulan Juni, jumlah itu meningkat menjadi 1,6%, dan pada Juli menjadi 2%.

Menurut para peneliti, angka yang tersedia saat ini kemungkinan besar merupakan representasi yang kurang dari penyebaran dan frekuensi varian ini di Afrika Selatan dan secara global.

“Mungkin muncul setelah infeksi Covid-19 yang berkepanjangan dan akumulasi mutasi tambahan, yang kemungkinan lolos dari respons imun”, ujar Cathrine Scheepers, salah satu penulis utama penelitian.

 

(NRN)