Nyeri Saat Mengalami Haid? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengurangi Rasa Sakit!

Menstruasi adalah hal rutin yang dialami oleh seorang wanita tiap bulannya. Terkadang rasa sakit timbul akibat kontraksi dari otot rahim yang sedang meluruhkan lapisan pembuluh darah yang menumpuk. Kejadian ini menyebabkan nyeri yang bisa dialami sebelum dan sesaat wanita mengalami haid.

image: pexels

Nyeri haid sendiri biasa disebut dengan dismenore dalam pandangan medis. Diikuti dengan gejala ringan hingga berat seperti kram perut, mual, muntah, pusing, diare, dan lain sebagainya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan nyeri terjadi. Bisa disebabkan karena aliran darah yang cukup deras, baru mengalami haid pertama kali atau endometriosis (pertumbuhan jaringan rahim yang tidak normal).

Lantas bagaimana cara mengurangi rasa sakit tanpa harus mengonsumsi obat-obatan? Berikut 5 cara yang dapat diterapkan!

Baca juga  Buah dan Sayur Ini Dapat Turunkan Tekanan Darah Tinggi

 

Kompres air hangat

Cara tradisional ini masih ampuh untuk mengurangi rasa nyeri. Kompres bagian tubuh yang terasa sakit (perut atau pinggang) dengan handuk atau botol air hangat. Kompres ini akan melemaskan otot rahim. Untuk Anda yang ingin lebih praktis, heat patch bisa menjadi pilihan. Kemampuannya untuk memberikan panas kepada tubuh dapat meredakan nyeri perut.

 

Gunakan essential oil

Minyak yang serba guna ini bisa juga unutk digunakan sebagai pereda nyeri. Hirup atau oleh minyak di titik-titik tertentu. Kalau Scarflover tidak punya minyak essential, minyak kayu putih bisa kok menggantikannya.

Baca juga  Risiko Cuaca Terlalu Panas Untuk Tubuh

 

Olahraga ringan

Pada saat menstruasi olahraga justru membantu meredakan nyeri. Lakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau yoga untuk memperlancar peredaran darah. Hormon endorphin yang dihasilkan karena berolahraga dapat menjadi pereda nyeri alami.

 

Memilah makanan

Hindari mengonsumi makanan berlemak, meminum kafein, alkohol dan soda. Konsumsi makanan yang bergizi dan minuman yang hangat.

 

Akupuntur

Akupuntur bisa menjadi pilihan untuk meredakan kram menstruasi. Pengobatan tradisional ini menggunakan jarum yang ditancapkan kepada titik tubuh. Untuk melakukan akupuntur, pergilah ke tempat professional, jangan lakukan sendirian di rumah tanpa pengawasan!

(MH)

Translate »